Begini Janji Ganjar Bawa Keadilan untuk Papua

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Merauke, Papua.
Sumber :
  • istimewa

Merauke – Capres nomer urut tiga, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa dirinya akan membawa wilayah Indonesia timur dalam kondisi yang adil. Hal itu dikatakannya ketika mendapatkan sebuah pertanyaan dari salah satu tokoh di Merauke, Papua Selatan.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Bicara soal Keadilan, Ganjar mulai menceritakan terkait dengan perjalanannya selama berkampanye di hari pertama di wilayah Merauke, Papua. Ganjar menjelaskan bahwa ketika dirinya berkunjung ke Distrik Semangga, Waninggap Nanggo, Kec. Semangga, Kabupaten Merauke, Papua dilalui dengan jalan yang rusak dan terjal.

Namun, pada saat Ganjar tiba di lokasi pertemuan seorang kepala suku menyambutnya dengan santun dan berkata 'selamat datang, jalanannya sangat bagus sekali'. 

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Kata-kata itu jauh lebih menyentuh untuk kami bisa mengingat. Sehingga apa mesti yang kita kerjakan? Dengan keadilan," ujar Ganjar di Merauke pada Rabu 29 November 2023.

Calon presiden nomer urut 3 Ganjar Pranowo saat berkampanye di Distrik Semangga, Waninggap Nanggo, Kecamatan Semangga, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Selasa, 28 November 2023.

Photo :
  • ANTARA
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Dengan demikian, Ganjar menjelaskan bahwa Papua bisa damai asalkan semua orang yang terlibat harus punya peran banyak.

"Maka bagaimana agar kemudian di Papua kita mau damai? Semua harus dilibatkan, anak muda dilibatkan, tokoh adat dilibatkan, tokoh agama dilibatkan dan semuanya harus duduk bersama. Mendengar satu sama lain, dicari dan paling bisa disepakati," tegas dia. 

"Itulah sepakat, kalau kuliah belajar ilmu politik, itu yang disebut konsensus. Kalau sudah sepakat, maka semua bisa menerima maka kita akan mengurangi, persamaan akan mengurangi rasa benci karena kita perhatian," imbuhnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 14 November 2023 menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu 2024.

Peserta Pemilu 2024 adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan memulai rangkaian kampanye pemilu 2024 secara terpisah. Ganjar akan mengawali kampanye dari Provinsi Papua, sedangkan Mahfud MD akan mengawali dari Provinsi Aceh. 

"Saya di Papua, Pak Mahfud di Aceh," ujar Ganjar Pranowo saat menghadiri acara Rakornas Sentra Penegakan Hukum Terpadu di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin, 27 November 2023.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun mengungkap alasannya, karena dirinya dan Mahfud MD ingin bergerak dari Timur ke Barat. Ganjar juga menegaskan bahwa persiapan kampanye sudah maksimal dan akan dimulai besok, Selasa, 28 November 2023.

"Dari Timur ke Barat kita bergerak. (Persiapan) sudah siap semuanya, dan kita mulai (hari ini)," jelas Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya