Milenial dan Generasi Z Bisa Tentukan Pilihan di Luar Dugaan, Menurut Pakar Politik UGM

Dua siswa Sekolah Menengah Atas memperhatikan gambar partai politik peserta pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Bandung, beberapa waktu lalu (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Yogyakarta - Pakar politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Mada Sukmajati mengingatkan para peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 bahwa mereka memerlukan strategi khusus menggaet suara pemilih muda, khususnya generasi milenial dan generasi Z karena mereka mudah berubah dalam menentukan pilihan.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

"Mereka gampang sekali berubah pilihannya, bahkan sampai hari pemungutan suara, tidak seperti generasi sebelumnya yang tingkat keajekan dalam memilih lebih tinggi," kata Mada di kampus UGM, Yogyakarta, Kamis, 30 November 2023.

Menurut Mada, seluruh pasangan kandidat perlu memberikan perhatian khusus terhadap dua generasi itu sebab jumlah mereka cukup besar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Berdasarkan data KPU RI, jumlah pemilih generasi milenial mencapai 66.822.389 atau 33,60 persen, sedangkan generasi Z sebanyak 46.800.161 pemilih atau 22,85 persen dari total DPT Pemilu 2024.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Sementara itu, mengacu hasil survei Center for Strategic and International Studies (CSIS), sebanyak 51 persen dari pemilih muda tersebut memiliki karakter moody atau mudah berubah.

Oleh karena itu, kata dia, manakala salah pasangan calon presiden dan wakil presiden saat ini memiliki tingkat elektabilitas tinggi dari kalangan generasi itu, jangan terburu berpuas diri.

Sebaliknya, jika saat ini tingkat elektabilitas dari generasi itu masih rendah, menurut dia, tidak perlu berkecil hati. "Mereka bisa juga menentukan pilihan di luar dugaan kita, bahkan mungkin bisa jadi mereka akan tetap kesulitan menentukan pilihannya sampai pada hari pemungutan suara," kata dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM itu.

Ilustrasi kampanye politik

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Konten-konten politik yang ringan

Meski selera pilihan mereka masih sulit diidentifikasi, menurut Mada, secara umum dua generasi itu cenderung suka dengan konten-konten politik yang ringan.

Dengan demikian, mereka memiliki cara yang berbeda dalam memahami profil peserta Pilpres 2024 jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. "Mereka suka yang ringan-ringan karena informasi yang masuk melalui gatget mereka sudah banyak," kata dia.

Dengan perkembangan teknologi digital, Mada menilai pemilih muda dari dua generasi itu tidak mudah dipengaruhi atau sangat independen dalam menentukan pilihan.

"Oleh karena itu, jika KPU ingin meningkatkan partisipasi dari pemilih yang moody ini, perlu pendekatan dengan memahami karakter mereka," ujar Mada.

Mada mengakui studi tentang perilaku memilih kelompok muda milenial dan Gen Z masih perlu terus dikembangkan mengingat Pemilu 2024 adalah kali pertama dua generasi itu mendominasi DPT. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya