Timnas Amin Bantah Mainkan Isu Pembangunan IKN demi Dongkrak Elektabilitas

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.
Sumber :
  • Instagram @aniesbaswedan

Jakarta - Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Usamah Abdul Aziz membantah rumor bahwa mereka memainkan isu pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mendongkrak popularitas dan elektabilitas pasangan calon nomor urut 1 itu.

Prabowo Akui Dekat NU Sejak Prajurit Muda: Kalau Orang Menghadapi Maut yang Dicari Kiai

"Itu pertanyaan dari publik. Jadi, bukan kami yang mau membuat menjadi bahan untuk mendongkrak," kata Usamah di Jakarta, Kamis, 30 November 2023, ketika ditanya terkait dengan isu IKN yang belakangan mencuat.

Menurut dia, pertanyaan yang diajukan kepada capres Anies memang beragam, salah satunya tentang pemindahan ibu kota negara Jakarta ke IKN di Kalimantan.

Mantan Dubes Turki Lalu Muhammad Iqbal Maju di Pilgub NTB 2024

Pembangunan IKN Nusantara

Photo :
  • Dok. PUPR

Usamah menjelaskan bahwa isu tersebut bukan menjadi bagian untuk mendongkrak suara pasangan calon presiden/wakil presiden nomor urut 1 melainkan kegundahan masyarakat kepada calon presiden.

Rocky Gerung Minta Anies Jangan Nyagub Lagi: Itu Lebih Bermutu, Ngerti Etika Politik

Ketika pasangan Anies-Muhaimin menang, kata dia, keberlangsungan IKN akan ditinjau kembali apakah berdampak positif atau tidak. Namun, karena itu undang-undang, tentunya harus melibatkan semua pihak.

"Selama ini Mas Anies sudah menjawab juga beberapa hal, yang sudah menjadi undang-undang akan dijalankan.Apabila nantinya memberatkan APBN, akan ditinjau kembali," katanya.

Dalam rapat Dewan Pakar Timnas Amin tentang keberlanjutan IKN, jika pasangan nomor urut 1 menang, tim akan melakukan evaluasi terlebih dahulu. Ketika langsung diberhentikan, kata dia, itu tidak memungkinkan sebab IKN merupakan amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama Hotel Nusantara IKN.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Ketua Dewan Pakar Timnas Amin Hamdan Zoelva mengatakan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) masih dalam evaluasi. Namun, tidak mungkin dihentikan karena sudah diatur dalam undang-undang.

"Jadi, tidak mungkin undang-undang itu dibatalkan dengan Perppu (peraturan pemerintah pengganti undang-undang)," kata Zoelva.

Menurut Zoelva, yang menjadi fokus dewan pakar adalah terkait dengan ketimpangan pembangunan, antara di Jawa dan di luar Jawa, serta Indonesia bagian barat dan timur sehingga perlu ada pemerataan.

Untuk itu, Dewan Pakar Timnas Amin akan menyiapkan program pengganti IKN dengan meningkatkan 14 daerah di luar Jawa agar dapat berkembang.

KPU RI, pada 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya