Muncul Gimik di Pilpres 2024, Anies: Kami Fokus Penyebaran Gagasan, Sesekali Ada Selepet-selepet

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat kampanye di Kota Bandung.
Sumber :
  • Instagram @aniesbaswedan

Jakarta – Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan turut menyoroti terkait dengan mencuatnya gimik yang terjadi menjelang Pilpres 2024. Dia bilang pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin) tetap fokus menggaungkan gagasan rekam jejaknya.

Update Real Count KPU Capai 77,98 Persen: Prabowo-Gibran Peringkat Teratas

"Alhamdulillah setiap kali ada undangan saya selalu datang. Saya merasa bahwa itu penting dan kami lakukan penyebaran gagasan informasi sejak awal dan kami akan fokus di situ. Sesekali ada selepet-selepet," kata Anies kepada wartawan di Jakarta, Jumat 1 Desember 2023.

Meski demikian, Anies menegaskan kalau perilaku selepet sarung dengan Cak Imin hanya sesekali dilakukan. Sebab, penyampaian gagasan adalah yang terpenting. "Tapi bukan sesuatu yang dikerjain rutin. Yang rutin adalah gagasan," kata dia.

Rekapitulasi Nasional, Anies-Muhaimin Unggul di Jeddah Arab Saudi

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • istimewa

Cak Imin Selepet Anies

Anies Bakal Maju Lagi di Pilgub DKI 2024? Begini Jawaban Nasdem

Pasangan Amin sempat melakukan candaan dalam bentuk video yang jadi perhatian publik. Saat itu, mereke berdua menyampaikan tiga manfaat dari sebuah sarung. Video itu diunggah lewat akun Instagram dan Twitter Anies Baswedan.

Berdasarkan video yang dilihat VIVA, awalnya Cak Imin berbicara kepada Anies dengan memberitahu tiga manfaat sarung versinya sebagai lulusan santri.

Menurut Cak Imin, manfaat pertama untuk sarungan. Kata dia, sarungan itu biasanya memperlihatkan kepiawaian santri seorang santri dalam bersarung.

Cak Imin juga menuturkan, manfaat kedua sarung itu yakni untuk alas dan selimut saat tidur. Menurut dia, sarung bisa digunakan untuk menutupi bagian kepala hingga badan. "Sarung fungsinya untuk selimutan karena kedinginan dan anti nyamuk," kata dia.

Lalu, di fungsi ketiga inilah Cak Imin berkelakar. Dia menyebut fungsi ketiga sarung itu digunakan untuk memecut seseorang. "Nah yang ketiga sarung fungsinya untuk nyelepet. Nih contohnya," kata Cak Imin.

Setelah itu, sarung yang sudah dimodifikasi untuk memecut itu diambil Cak Imin dan langsung diarahkan ke bagian tubuh Anies. Sambil guyon, Anies pun coba menghindar meski juga terkena spletan dari Cak Imin. Mereka berdua pun terbahak-bahak.

Gimik Gemoy

Adapun terkait kontestasi Pilpres 2024, gimik gemoy muncul dan melekat ke capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Prabowo merupakan capres yang berduet dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapresnya.

Namun, dari petinggi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran sudah buka suara bahwa narasi gemoy itu bukan dibuat pihaknya. Menurut Ketua TPN, Rosan Roeslani isu gimik gemoy mencuat karena anggapan dari publik.

"Harus diingat, gemoy ini, yang sekarang menarik perhatian para anak muda itu tumbuh secar organik, bukan kami yang bikin," kata Rosan di Jakarta, Minggu, 26 November 2023.

Kontestasi Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan capres cawapres. Ketiga paslon yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang diusung Nasdem, PKB, dan PKS.

Lalu, duet nomor dua adalah Prabowo-Gibran yang diusung koalisi parpol yaitu Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Gelora, Garuda. Sementara, pasangan nomor tiga adalah Ganjar Pranowo yang didukung PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya