Yang Minta Tidak Ada Debat Cawapres Kubu Anies-Cak Imin, Kata TKN Prabowo-Gibran

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Masalah tidak adanya debat khusus cawapres, menjadi sorotan publik. Bahkan dialamatkan pada salah satu cawapres yang ikut kontestasi di Pilpres 2024. Termasuk capres Anies Baswedan, ikut mengomentari terkait hal tersebut.

Mahfud MD Beri Penjelasan Hak Angket Boleh Digunakan tapi Dia Tak Punya Kewenangan

Dalam keterangan persnya, Anggota Dewan Pakar Prabowo-Gibran, Dradjad H Wibowo, memberi penjelasan. Termasuk menjawab pernyataan Anies yang menyebut dirinya terkejut, sebab belum ada pembicaraan bersama tetapi sudah ditetapkan.

Dradjad menegaskan, yang meminta tidak ada debat cawapres adalah kubu AMIN, Anies-Muhaimina atau Cak Imin. Dradjad mengatakan usulan agar capres dan cawapres hadir bersama dalam setiap debat muncul dalam rapat atau diskusi dengan KPU pada 29 November 2023. Perwakilan Prabowo-Gibran ada 6 orang, dipimpin oleh Burhanuddin Abdullah sebagai Ketua Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran.

Survei LSI: Banyak Masyarakat Pilih Prabowo-Gibran karena Komitmen Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi

"Perwakilan Anies-Muhaimin menyampaikan beberapa masukan/usulan. Salah satunya berbunyi kira-kira sebagai berikut: 'Agar dalam setiap sesi debat, capres dan cawapres hadir bersama, pembagian waktu/porsi berbicara silakan diatur oleh KPU'. Usulan ini disampaikan oleh seorang ibu dari perwakilan Anies-Muhaimin dan dikuatkan oleh rekannya. Notulis kami tidak mengetahui nama keduanya, tapi saya yakin KPU mempunya daftar hadir, atau mungkin rekaman dar rapat tersebut," jelas Dradjad dalam keterangannya, Minggu 3 Desember 2023.

Lebih lanjut Dradjad menjelaskan, dengan usulan tersebut, maka saat mendapat kesempatan berbicara, pihaknya yang diwakili Burhanuddin Abdullah menyampaikan beberapa masukan.  Termasuk menyetuji usulan dari AMIN tersebut.

Real Count KPU di Helsinki Finlandia 100%: Ganjar-Mahfud Unggul 39,39%, AMIN Posisi Buncit

"Dengan demikian, jelas dan gamblang bahwa Presiden Jokowi sama sekali tidak melakukan intervensi urusan debat kepada KPU. Bahkan saya pribadi meyakini, Beliau tidak mengetahui tentang adanya usulan tersebut," lanjutnya.

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Anies-Muhaimin Hanya Dapat 5 Suara di Vatikan Berdasar Real Count KPU 100 Persen

Real count di Komisi Pemilihan Umum untuk hasil Pilpres 2024 di Vatikan, telah mencapai 100 persen. Ganjar Pranowo – Mahfud MD mendapatkan suara paling tinggi dari 3 TPS.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2024