Bawaslu DKI Usut Kegiatan Gibran Bagi-bagi Susu di Kawasan Terlarang untuk Kampanye Politik

Cawapres Gibran Rakabuming Raka di Car Free Day, Jakarta
Sumber :
  • TKN Prabowo-Gibran

Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta sedang menyelidiki kegiatan calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka di area Car Free Day (CFD) Sudirman-Thamrin, Minggu, 3 Desember 2023. 

Survei LSI: 60,5 Persen Masyarakat Tak Setuju Pendapat Pemilu 2024 Curang

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Benny Sabdo menjelaskan penyelidikan itu bertujuan untuk memastikan apakah kegiatan Gibran membagikan susu kepada warga di CFD termasuk kategori kampanye atau tidak.

"Terkait peristiwa tersebut, Bawaslu Jakarta Pusat sedang melakukan penelusuran dan pendalaman," kata Benny saat dikonfirmasi, Senin, 4 Desember 2023.

Penerima Bansos Mayoritas Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, Hasil Survei LSI

Cawapres Gibran Rakabuming Raka di Car Free Day, Jakarta

Photo :
  • TKN Prabowo-Gibran

Gibran mencanangkan salah satu program yaitu membagi-bagikan susu kemasan kotak. Namun, Benny belum bisa memastikan apakah kegiatan Gibran termasuk ke dalam kegiatan kampanye atau bukan.

Prabowo Subianto Unggul di Pilpres 2024 juga Karena Migrasi 66 Persen Pemilih Jokowi-Maruf di 2019

Benny menegaskan bahwa pihaknya sedang mendalami hal tersebut. Sejatinya, kata Benny, area CFD tidak diperbolehkan untuk melakukan kampanye politik capres/cawapres maupun calon anggota badan legislatif (caleg).

Gibran Rakabuming Raka melakukan kegiatan olah raga sambil menyapa masyarakat, di lokasi CFD Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu. 

Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) setiap hari minggu di kawasan Jakarta, dalam aturannya, tidak boleh digunakan sebagai ajang kampanye.

Penghitungan Surat Suara Pemilu 2019. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Gibran dan rombongan memulai start CFD dari sekitar Hotel Saripan Pasific. Saat ditanya awak media perihal momen CFD yang tidak diperbolehkan untuk dipakai kegiatan kampanye, Gibran menyebut hanya melakukan kegiatan olahraga.

"Kami kan tidak pakai atribut," kata Gibran kepada awak media sambil memegang kausnya.

Kehadiran Gibran dalam CFD minggu pagi itu pun menambah semarak aktivitas warga Jakarta di momen tersebut. Banyak warga rela berdesakan untuk berswafoto dengan putra sulung Presiden Jokowi itu. 

Rombongan itu terpantau dihadiri oleh sejumlah artis ternama, antara lain seperti Pasha Ungu, Eko Patrio, Uya Kuya, Aminudin Ma'ruf, dan politisi Gerindra Rahayu Sarahwati Djojohadikusumo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya