Sukarelawan Gerakan Rakyat: 8 Juta Anggota Siap Menangkan Amin di 83 Ribu Desa/Kelurahan

Koordinator Presidium Nasional Gerakan Rakyat Sahrin Hamid saat menyampaikan keterangan di Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Donny Aditra

Jakarta - Sukarelawan Presidium Nasional Gerakan Rakyat mengklaim sebanyak delapan juta anggota siap untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) dalam Pemilu Presiden 2024.

Surya Paloh Blak-blakan Ungkap Alasan Tak Hadiri Acara Pembubaran Timnas Amin

Koordinator Presidium Nasional Gerakan Rakyat Sahrin Hamid menyebutkan sebanyak 580 simpul sukarelawan secara nasional sudah terbentuk dan tersebar hingga ke tingkat desa dan kelurahan untuk memenangkan Amin.

"Jadi, tidak lagi berkumpul di pusat, tetapi coba kami sebar ke satuan teritorial yang berjumlah 83 ribu lebih desa dan kelurahan," kata Sahrin saat mendampingi Wakil Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Amin, Sudirman Said, saat meresmikan Sekretariat Nasional Gerakan Rakyat di Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

Jokowi Teken UU Desa, Kades Bisa Menjabat Maksimal 16 Tahun

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan Anies Baswedan di Makassar.

Photo :
  • Akun X Anies Baswedan

Sahrin menjelaskan dari 83 ribu lebih jumlah desa dan kelurahan di Indonesia, pihaknya telah menyiapkan sedikitnya 10 orang di sekitar 820 ribu tempat pemungutan suara (TPS) untuk mengampanyekan pasangan Amin kepada masyarakat.

Marak Korupsi Dana Desa, Kemenkeu Ancam Blacklist dan Hentikan Penyaluran

Setelah peresmian sekretariat nasional tersebut, Sahrin menambahkan pihaknya segera meresmikan sekretariat pemenangan hingga tingkat desa dan kelurahan.

Jumlah anggota atau sukarelawan itu, katanya, terdiri atas berbagai elemen masyarakat, yang dengan sadar menginginkan perubahan sesuai dengan gagasan politik pasangan Amin.

Nantinya, para relawan bergerak menyosialisasikan visi dan misi Amin, serta menjadikan sekretariat masing-masing sebagai sumber informasi kegiatan dan tempat edukasi politik bagi masyarakat.

Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Gerakan Rakyat, yang merupakan jaringan sukarelawan dari elemen buruh, majelis taklim, purnawirawan TNI, milenial, petani, dan nelayan, diharapkan menjadi garda terdepan untuk menyampaikan pandangan politik Amin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya