PKB Niat Usung Ida Fauziyah di Pilkada DKI, tapi Masih Butuh 10 Kursi Parpol

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berencana akan mengusung Ida Fauziyah sebagai kader PKB untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Soroti Predikat Kemiskinan di Brebes, Paramitha: Pemda Harus Perhatikan 3 Hal Ini

Namun begitu, Cak Imin menyebutkan bahwa untuk mengusung Menteri Ketenagakerjaan RI itu masih dibutuhkan tambahan kursi di Pilgub DKI Jakarta.

"Ya, dorongan dari PKB DKI minta Ida Fauziyah supaya dicalonkan. Masalahnya kan kita masih butuh 10 lagi untuk bisa mengusung Ida Fauziyah," ujar Cak Imin di Jakarta dikutip Kamis, 2 Mei 2024.

Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • istimewa

Cak Imin menjelaskan, bahwa perolehan suara Pemilu Legislatif 2024 di DPRD DKI Jakarta untuk PKB mendapat 10 kursi dari total 106 kursi. Sehingga, kata dia, PKB masih butuh 10 kursi lagi.

Dikawal Massa Pendukung, Narjo Resmi Daftar Bakal Calon Bupati Brebes ke PDIP

Sebab, lanjutnya, hal itu merujuk Pasal 40 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tetang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota (Pilkada), bahwa kepala daerah bisa dicalonkan dengan minimal 20 persen kursi partai politik atau gabungan di DPRD. Maka, PKB harus menggaet suara tambahan lewat partai politik lainnya.

"Tentu, tidak mungkin kita bisa memastikan kalau tidak ada 10 kursi lagi yang back up. Tentu proses yang harus kita lihat. Itu partai ya. Nanti kita lihat," kata Cak Imin.

Dalam hal ini, PKB sudah melakukan kerja sama dengan PKS dan PPP di Pilgub DKI Jakarta. Namun, belum ada kesepakatan mengenai pemetaan daerah dengan koalisi partai tersebut. 

"Kita dengan PKS belum sampai ke dealing pada calon, tapi lebih komunikasi lebih mudah," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya