Cak Imin Tak Masalah Amin Dibanding-bandingkan: Kita Punya Pengalaman dan Tumbuh dari Bawah

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Rakornas Gakkumdu Bawaslu
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta –  Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan dirinya bersama dengan Anies Baswedan tak masalah jika dibanding-bandingkan jelang Pilpres 2024. Menurutnya, hanya dengan menunjukkan fakta soal pengalaman menjadi seorang pemimpin yang bisa dinilai.

Prabowo Subianto Unggul di Pilpres 2024 juga Karena Migrasi 66 Persen Pemilih Jokowi-Maruf di 2019

"Silakan dibandingkan. Siapa yang sungguh-sungguh, siapa yang main-main, siapa yang bergimik ria. Sampaikan kepada masyarakat, tunjukkan fakta-fakta. Nggak usah jauh-jauh tunjukkan track record dan pengalaman proses kepemimpinan itu," ujar Cak Imin, Kamis 7 Desember 2023.

Cak Imin jelaskan bersama Anies punya pengalaman yang terbilang baik. Sebab, dia dan Anies merupakan sosok yang berjuang dari bawah ketika hendak menjadi seorang pemimpin.

Anies-Muhaimin Hanya Dapat 5 Suara di Vatikan Berdasar Real Count KPU 100 Persen

"Kita ini sudah punya banyak pengalaman karena kita tumbuh dari bawah mengerti betul apa yang terjadi," ujar Wakil Ketua DPR tersebut.

Pasangan Capres cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Photo :
  • Akun X @cakimiNOW
Survei LSI: Banyak Masyarakat Pilih Prabowo-Gibran karena Komitmen Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi

Maka itu, banyak pihak yang cemburu dengannnya dan Anies sehingga setiap agenda kampanye dinilai negatif karena telah melakukan kampanye dengan hal ini dan itu.

"Itu bagian dari karena kami dan kita semua punya pengalaman panjang di dalam proses berbangsa dan bernegara ini," ujar Cak Imin

"Tidak main-main kita menjadi pewaris sejarah sekaligus doktrin perkembangan dan pembangunan nasional dari pra kemerdekaan hingga hari ini," lanjut Cak Imin.

Singgung Lingkungan

Cak Imin juga bicara soal lingkungan di negara Indonesia saat ini yang kerap mengalami kemunduran. Dia menyebut lingkungan saat ini dalam masa kehancuran.

"Yang kita saksikan hari ini kemunduran demi kemunduran, kehancuran lingkungan terus terjadi. Panasnya bumi hari ini sudah seperti sudah seperti bocoran neraka," kata Cak Imin kepada wartawan, Kamis 7 Desember 2023.

Cak Imin menjelaskan bahwa sumber daya Indonesia tak seimbang besarnya dengan pemasukan untuk Indonesia. Sebab, ketidak seimbangan tersebut karena adanya nilai  tambah tapi tak bisa dinikmati oleh orang Indonesia.

"Yang tidak imbang potensinya dengan nilai tambah yang bisa dinikmati anak-anak negeri ini, kesuburan tanah, letak geografis, kekayaan sumber daya alam dan seluruhnya," kata Cak Imin.

"Hari ini yang kita rasakan panas bumi, krisis iklim, ketidakjelasan musim, suasana Jakarta yang sudah tidak sehat mulai dari suhu maupun udaranya," imbuhnya.

Dia juga bicara jika hal ini terus terjadi maka akan jadi ancaman tersendiri untuk anak hingga cucu orang Indonesia.

"Tidak usah sulit-sulit, kembali ke konstitusi, kembali kepada nilai-nilai dasar pendidikan bangsa ini, kembali kepada amanat reformasi dan Demokrasi," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya