Jalan Imam Bonjol Bakal Dikosongkan saat Debat Capres-Cawapres Perdana

Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia berkoordinasi dengan pihak kepolisian akan mensterilkan Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat saat debat capres-cawapres perdana pada Selasa, 12 Desember 2023 lusa.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Komisioner KPU RI, August Mellaz mengatakan hal itu bertujuan untuk menekan jumlah massa pendukung capres-cawapres agar tidak menumpuk.

"Untuk debat capres yang pertama, kan kita mau sterilisasi. Misalnya jalur depan, Jalan Imam Bonjol, itu akan dikosongkan," ujar KPU RI August Mellaz saat dihubungi, Minggu, 10 Desember 2023.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

KPU RI August Mellaz didampingi anggota KPU Kalimantan Selatan Edy Ariansyah memberikan keterangan kepada wartawan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat, 30 September 2022.

Photo :
  • ANTARA/Firman

Tak hanya itu, sterilisasi di Jalan Imam Bonjol juga bertujuan agar tamu undangan dapat masuk dengan aman dan tenteram saat akan memasuki arena debat. 

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

"Termasuk nanti urusan tamu segala macam, tamu-tamu VIP yang harus bawa kendaraan nanti bagaimana, itu semuanya tentu koordinasinya butuh dengan pihak keamanan," kata dia.

Pihaknya juga bakal membuat panggung secara tertutup agar berjalannya proses debat capres-cawapres berjalan fokus.

"Yang jelas memang kalau debat ini kan kita butuh secure itu bukan dalam arti sekedar keamanan ya. Kalau keamanan satu hal, tapi yang jelas secure itu dalam artian biar diskusinya, debatnya, bisa fokus sebenarnya, makanya akan dibikin tertutup. Sehingga dengan demikian dibikin tertutup dan menghindari noise, maka jalan depan tidak lagi untuk massa," tuturnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU RI August Mellaz memastikan pihaknya bakal menyegel pertanyaan-pertanyaan dari para panelis untuk materi debat pertama capres-cawapres 2024 pada 12 Desember 2023. Penyegelan tersebut untuk menjamin kerahasiaan data agar tidak bocor ke publik sebelum debat digelar. 

"Nanti pertanyaan itu akan disegel, terus nanti misalkan diserahkan ke moderator untuk disampaikan ke paslon kan, pasti akan bentuk undian, semacam itu," kata Mellaz di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Sabtu, 9 Desember 2023.

Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

KPU sendiri, kata Mellaz, pun tidak mengetahui pertanyaan apa saja yang akan diajukan saat debat. Sebab, kata dia, pihaknya tidak ikut campur dalam hal proses pembuatan soal debat.

"Jadi kami enggak pernah tahu pertanyaannya apa. Pembuatan pertanyaannya murni di para ahli," kata Mellaz. 

Mellaz menambahkan untuk menjamin kerahasiaan, para panelis juga akan menandatangani pakta integritas. Hal itu sebagai bentuk komitmen untuk tidak membocorkan pertanyaan yang akan diajukan ke pasangan capres dan cawapres nantinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya