Timnas Amin Siap Beri Bantuan Hukum Komika Aulia Rakhman yang jadi Tersangka Penistaan Agama

Juru Bicara Timnas AMIN, Billy David Nerotumilena.
Sumber :
  • ANTARA Foto

Jakarta - Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) menyampaikan siap membantu komika Aulia Rakhman. Status Aulia sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan ujaran penistaan agama saat acara Desak Anies.

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Juru Bicara Timnas AMIN, Billy David Nerotumilena, menyampaikan pihaknya melalui tim hukum siap memberikan keterangan serta persiapkan bahan-bahan, langkah, dan strategi jika ada eskalasi proses hukum untuk bantu Aulia.

Billy menuturkan aksi komedi sendiri (stand up comedy) yang biasa ada di acara Desak Anies sebagai ajang para komika untuk menyampaikan kritik. Hal itu termasuk seperti yang dilakukan Aulia Rakhman saat Desak Anies Lampung.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

"Dan pre-event itu diperlukan untuk ice breaking atau pencair suasana sebelum Pak Anies datang," kata Billy dikutip dari Antara, Senin, 11 Desember 2023.

Komika Aulia Rakhman ditetapkan tersangka oleh Polda Lampung.

Photo :
  • tvOne/ Pujiansyah (Lampung)
Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Meski demikian, Billy menuturkan pihaknya tetap hargai proses hukum yang sedang berjalan. Kata dia, kasus itu juga sebagai evaluasi pihaknya untuk lebih selektif melakukan kurasi materi guna menghindari kejadian serupa.

"Namun, Timnas Amin tetap beri keleluasaan bagi para komika atau pendukung acara lain buat mempersiapkan kontennya," jelas Billy.

Sebelumnya, saat acara Desak Anies di Lampung, Kamis, 7 Desember 2023, komika Aulia Rakhman menyinggung nama sosok Nabi Muhammad Saw.

Imbas hal itu, komunitas advokat di Lampung melaporkan Aulia ke Polda Lampung pada Sabtu, 9 Desember 2023. Selain itu, sejumlah warga juga turut melaporkan Aulia ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung. Aulia dijerat pasal penistaan agama.

Desak Anies diketahui sebagai bagian kampanye dalam bentuk pertemuan dan dialog antara kaum muda dengan capres nomor urut 1 itu di setiap daerah yang dikunjungi.

​​​​​​Dengan kegiatan itu jadi wadah anak-anak muda untuk menyampaikan pertanyaan terkait visi, misi, hingga janji pasangan Anies-Muhaimin. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya