Prabowo-Gibran Sapu Bersih Suara di Semua Segmen Masyarakat, Klaim LSI Denny JA

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Hasil survei terbaru LSI Denny JA untuk periode 20 November - 3 Desember 2023 menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka masih berada di puncak dengan perolehan suara sebanyak 42,9%.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Sementara itu, 2 paslon lainnya yakni paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat persentase suara sebanyak 24% dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang merupakan paslon nomor urut 3 mendapat 24,9% suara.

Pasangan capres -cawapres nomor urut 2 di Pilpres 2024, Prabowo-Gibran.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Hasil survei yang sama juga menyoroti elektabilitas Prabowo-Gibran yang unggul di berbagai segmen masyarakat meliputi ekonomi, pendidikan, usia, agama, gender, dan etnik.

"Untuk segmen ekonomi, Prabowo-Gibran unggul di semua segmen pendapatan, dengan keunggulan tertinggi ada di segmen wong cilik (pendapatan di bawah 2 juta/bulan) yakni sebesar 44,5%," tulis keterangan resmi LSI Denny JA, Senin (11/12).

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Untuk segmen pendidikan, Prabowo-Gibran unggul di pendidikan bawah dan menegah, yang meliputi tamatan SD ke bawah (47,3%); tamatan SMP sederajat (43,0%); dan tamatan SMA sederajat (40,2%).

"Prabowo-Gibran unggul di semua segmen usia, dengan dukungan terbesar di usia muda (30 tahun ke bawah), yaitu 51,9%. Selanjutnya untuk segmen gender, Prabowo - Gibran unggul di laki-laki dan perempuan, dengan keunggulan tertinggi ada di perempuan, sebanyak 45,1%," sambung LSI Denny JA.

Sementara itu, untuk segmen agama, Prabowo-Gibran unggul di pemilih Islam dengan perolehan suara mencapai 43,3%.

Capres Prabowo Subianto

Photo :
  • Istimewa

Dan yang terakhir, pada segmen etnik, paslon nomor urut 2 ini unggul di 5 suku, yaitu suku Sunda (50,8%), Batak (44,8%), Madura (50,8%), Melayu (56,7%), dan lainnya (47,7%).

Survei LSI Denny JA periode ini mengusung tema "Anies atau Ganjar yang Tersingkir, Prabowo di Ambang Kemenangan". Survei dilakukan dengan 1.200 responden dan metode multi-stage random sampling . Sementara itu, margin of error survei ini berada pada angka +/- 2,9%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya