Debat Perdana Pilpres 2024, Tiap Capres Punya Waktu 1 Menit untuk Saling Menanggapi

3 capres di Pilpres 2024 yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo
Sumber :
  • VIVA

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat perdana untuk calon presiden (capres) 2024 pada Selasa, 12 Desember 2023. Dalam debat itu, masing-masing capres hanya diberikan waktu 60 detik atau satu menit untuk saling menanggapi.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari menyatakan para capres dapat saling menanggapi saat segmen 2, 3, 4 dan 5. Di tiap segmen itu, nantinya akan ada sesi tanya jawab yang dipandu moderator. 

“Kesempatan terakhir bagi si calon yang ditanya tadi untuk menjawab, merangkum, langsung merangkum 2 capres lain untuk kesempatan menjawabnya atau meresponnya adalah 60 detik, berarti 1 menit. Itu terus berulang seperti itu,” kata Hasyim di kantor KPU, Senin, 11 Desember 2023.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Ketua KPU Hasyim Asyari

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Hasyim, sesi saling menanggapi dimulai setelah salah satu capres selesai memberikan jawaban atas pertanyaan dari moderator. 

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

"Misalkan, kesempatan pertama, si calon A itu menjawab pertanyaan moderator, calon B dan C diberikan kesempatan untuk menanggapi apa yang disampaikam oleh calon A," jelas Hasyim.

"Setelah ditanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear di bagian perdebatan itu," sambung Hasyim.

Seperti diketahui, debat perdana Pilpres akan digelar di Kantor KPU RI pada Selasa, 12 Desember 2023. Debat yang dikhususkan untuk masing-masing capres itu bertemakan pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Debat akan dimulai pukul 19.00 WIB dengan durasi 120 menit. Ada enam segmen dari rangkaian debat capres tersebut, berikut rinciannya: 

Segmen 1:

Penyampaian visi-misi dan program kerja masing-masing capres. Tiap capres diberikan waktu untuk memaparkan visi-misi dan program kerja selama 4 menit. 

Segmen 2, 3, 4 dan 5:

Pendalaman visi-misi dan program kerja masing-masing capres. Di segmen ini, masing-masing capres akan diberikan pertanyaan oleh moderator dengan durasi menjawab 2 menit. 

Kemudian, capres lain akan memberikan tanggapan atas jawabannya. Durasi saling memberikan tanggapan itu hanya berlangsung 60 detik atau 1 menit. 

Segmen 6:

Penutup atau closing statement. Tiap capres nantinya akan memberikan pernyataan penutup dari debat tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya