Anies Sebut Penanganan Peristiwa Kanjuruhan dan KM 50 Belum Adil, Begini Respons Ganjar

Debat Capres-Cawapres Pertama Ganjar Pranowo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan dari Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan terkait peristiwa Kanjuruhan dan Kilometer 50 saat debat perdana capres-cawapres di KPU RI.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Anies bertanya tentang proses hukum yang sudah dijalankan soal kedua peristiwa itu, tetapi rasa keadilan belum dirasakan.

Menanggapi hal tersebut, Ganjar menjawab perlunya mengedepankan Undang-Undang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR).

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Kanjuruhan kita bisa bertemu dengan para pencari fakta, kita bisa hubungi korban, kita bisa mengurus mereka dari sisi keadilan termasuk di Kilometer 50. Ketika kita bisa bereskan semuanya, maka kita bisa naik satu tahap," ujar Ganjar di Kantor KPU, Selasa, 12 Desember 2023.

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Maka itu, Ganjar menegaskan pemerintah mesti mengambil langkah berani agar kedua peristiwa tersebut rampung dan memberikan rasa keadilan.

"Mari kita ciptakan kembali undang-undang KKR agar seluruh persoalan-persoalan pelanggaran HAM itu bisa kita bereskan dengan cara itu sehingga bangsa ini akan maju dan tidak lagi kemudian berpikir persoalan seperti itu tidak pernah dituntaskan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Debat perdana capres akan digelar Selasa, 12 Desember 2023. Bertempat di kantor KPU, debat perdana itu rencananya akan dimulai malam nanti pukul 19.00 WIB.

Debat perdana ini akan mencakup tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan dalam debat perdana ini ada terbagi dalam 6 segmen yang dipisah dengan jeda iklan total sehingga durasi 150 menit. Khusus untuk debat 120 menit dan di setiap segmen ada jeda iklan berdurasi sekitar 5 menit.

"Di antara segmen itu, ada jeda iklan waktunya kurang lebih masing-masing 5 menit," kata Hasyim di gedung KPU, Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya