Ogah Jadi Hakim Moral, Alasan Prabowo Tak Cecar Ganjar soal Kasus Wadas hingga e-KTP Saat Debat

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam debat perdana.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menyoroti serangan calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo ke capres nomor urut dua Prabowo Subianto mengenai kasus penculikan aktivis 1998. Momen itu terjadi saat debat perdana capres pada Selasa malam, 12 Desember 2023.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Wakil Ketua Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko mengatakan Prabowo sengaja tak ingin membalas serangan Ganjar. Terlebih menanyakan dua kasus yang sempat menyeret nama eks Gubernur Jawa Tengah itu.

"Pak Prabowo tidak mau jadi hakim moral. Seolah-olah beliau punya keunggulan superioritas moral dengan cara misalnya Mas Ganjar ditanyakan soal e-KTP dan Wadas," kata Budiman kepada wartawan, dikutip Rabu, 13 Desember 2023.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Debat Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Diketahui, kasus Wadas sempat mencuat karena merupakan konflik antar warga Desa Wadas dan pemerintah serta aparat kepolisian mengenai pembangunan tambang batu di desa tersebut. Warga menolak proyek tersebut, namun pemerintah tetap bersikeras hingga mengerahkan aparat. Konflik di Wadas terjadi saat Ganjar masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Sementara, untuk dugaan kasus e-KTP, Ganjar sempat diperiksa sebagai saksi oleh penyidik KPK RI. Ganjar diperiksa mengenai dugaan pembagian uang e-KTP di Komisi II DPR RI saat ia masih menjadi pimpinan Komisi II.

Budiman mengatakan Prabowo ogah menyerang Ganjar, karena tak ingin panggung debat digunakan untuk tempat memberikan klarifikasi. Dia ingin, masyarakat menilai sendiri apakah Ganjar layak menjadi presiden atau tidak melalui panggung debat tersebut.

"Pak Prabowo ingin Mas Ganjar tunjukkin sepantas apa beliau layak jadi presiden. Mas Anies sepantas apa layak jadi presiden sehingga pertanyaan-pertanyaan Pak Prabowo lebih berkaitan dengan apa yang dilakukan," ungkapnya.

"Pak Prabowo tidak terlalu masuk ke wilayah-wilayah yang berkaitan dengan apa yang terjadi, dikaitkan dengan mereka di masa lalu," jelas Budiman. 

KPU pada Selasa kemarin sudah menggelar debat perdana capres yang diikuti tiga figur yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Salah satu momen debat itu saat Prabowo ditanya Ganjar soal isu HAM.

Bagi Prabowo, isu HAM yang ditujukan terhadapnya tendensius. Dia juga heran dengan omongan Ganjar yang menyebutnya tak tegas soal urusan kasus HAM.

"Lho kok dibilang saya tidak tegas? Saya tegas akan menegakan HAM. Masalah yang bapak tanyakan, agak tendensius," ujar Prabowo dalam debat capres perdana di gedung KPU, Selasa malam, 12 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya