JK Berlabuh Beri Dukungan, Timnas Amin Pede Elektabilitas Anies-Muhaimin Meroket

Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla alias JK berbincang dengan Anies Baswedan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Setwapres

Jakarta – Juru bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin), Billy David optimis dengan dukungan dari Jusuf Kalla alias JK. Dengan dukungan JK, akan bantu dongkrak elektabilitas duet Amin.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

"Tentunya kita melihat ini sebagai dampak punya efek elektoral," kata Billy di Jakarta dikutip Kamis 21 Desember 2023.

Billy menjelaskan figur JK adalah tokoh politik senior dalam dunia politik. Dia yakin figur JK punya peran penting dalam mempengaruhi tokoh lain untuk ikut mendukung dengannya.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

"Saya rasa dari apa yang beliau putuskan sudah bisa meng-influence banyak orang untuk bisa memutuskan atau pun berani mendukung Amin," jelas Billy.

Bahkan, kata dia, dukungan kepada Anies Baswedan itu juga jadi momentum dukungan secara spiritual.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Arsip foto - Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla bersama bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan (tengah) dan Anggota Tim Delapan Sudirman Said (kanan) memberi keterangan di kediaman JK, Jakarta, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Photo :
  • ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Selain itu, Billy yakin dukungan JK diyakini bisa mampu berdampak dalam mendulangnya dukungan di kawasan Indonesia timur.

"Karena kan beliau juga tokoh Bugis, tokoh Makassar. Kita berharap juga arah dukungan Indonesia timur khususnya dari Makassar ke timur akan makin solid ke Amin," jelas Billy.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla alias JK menyatakan sikap dukungan terhadap pasangan Amin di Pilpres 2024. Omongan JK dukung Amin itu viral saat JK tengah berbicara di atas podium sebuah acara.

Penggalan video singkat JK dukung pasangan capres cawapres nomor urut 2 itu diketahui ketika JK bicara di Gedung IMIM Makassar.

Juru Bicara JK, Husain Abdullah pun menjelaskan alasan JK terbuka mendukung duet Amin.

"Karena merasa punya tanggung jawab moral agar rakyat tidak salah dalam memilih pemimpin yang akan memimpin Indonesia dalam 5 tahun ke depan, maka Selasa 19/12 di Makassar, M. Jusuf Kalla, menyampaikan secara terbuka jika dirinya memilih Anies Baswedan yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar," kata Husain Abdullah kepada wartawan, Selasa 19 Desember 2023.

Husain menyampaikan JK selama ini kerap mengatakan kalau dirinya netral jelang 2024. Namun, ia menuturkan sejatinya JK sudah menentukan arah sikap politiknya.

Dia menyebut alasan JK memilih pasangan Amin itu karena duet itu merupakan sosok yang tepat untuk memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan.

"Bagi JK, yang dua periode menjabat sebagai Wapres RI untuk dua presiden berbeda, Anies adalah murid politiknya," tutur Husain.

Pun, dia mengatakan dari segi pengetahuan, pengalaman, kejujuran, Anies dinilai JK punya keunggulan.

"Dari segi pengetahuan, pengalaman, kejujuran serta integritas Anies memiliki keunggulan dalam hal tersebut," ujar Husain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya