Empat Nama Calon Pimpinan KPK Pengganti Firli Bahuri

Ketuak KPK Terpilih Firli Bahuri saat uji kepatutan dan kelayakan di DPR beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Jakarta - Komisi III DPR RI berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menyerahkan nama calon Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pengganti Firli Bahuri yang mengajukan mundur dari jabatannya.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Langkah itu dinilai penting segera dilakukan agar tidak terjadi kekosongan di kursi pimpinan KPK saat ini.

"Kami berharap pengganti Pak Firli ini segera bisa diproses agar tidak terjadi kekosongan pimpinan KPK," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Habiburokhman melalui pesan singkat, Jumat, 22 Desember 2023. 

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman

Photo :
  • tvOne/Syiva Aulia

Merujuk UU KPK, penunjukan ketua KPK diusulkan oleh Presiden. Nantinya, Presiden memilih nama-nama capim KPK dari hasil seleksi di Komisi III DPR pada 2019 silam.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Berdasarkan hasil tersebut, daftar capim KPK tersisa empat nama. Pada 2019, mereka kalah perolehan suara dengan lima pimpinan yang mendapat suara terbanyak. Namun, Presiden bisa memilih di antara nama-nama tersebut tanpa merujuk perolehan suara hasil seleksi.

Nantinya, nama usulan presiden akan mengikuti tes uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR. Satu nama yang terpilih nantinya akan dilantik. 

Keempat nama tersebut adalah Sigit Danang Joyo, Lutfi Jayadi Kurniawan, I Nyoman Wara, Robby Arya Brata.

Di sisi lain, Habiburokhman mengatakan bahwa pihaknya menghormati keputusan Firli Bahuri yang mundur dari KPK. Menurut Politikus Partai Gerindra itu, langkah tersebut tepat baik bagi Firli Bahuri maupun KPK.

"Di satu sisi pak Firli bisa lebih berkonsentrasi melakukan pembelaan diri dalam menghadapi proses hukum, di sisi lain kerja KPK sebagai institusi bisa lebih maksimal," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya