Gibran Selepet Cak Imin, Mau Bangun 40 Kota Setara Jakarta Tapi Tolak IKN: Agak Aneh Ya

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Gus Imin (kiri) dan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • Tangkapan layar video.

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mempertanyakan pernyataan calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, yang mengatakan akan membuat 40 kota setara Jakarta, namun menolak pembangunan IKN saat menjawab sub tema mengenai perkotaan.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

“Gus Muhaimin ini agak aneh ya, ingin bangun kota se-level Jakarta tapi gak setuju dengan IKN,” jawab Gibran saat debat cawapres yang digelar di JCC, Jakarta, Jumat 22 Desember 2023.

Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar dalam Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

Gibran lalu menjelaskan soal masalah yang mungkin terjadi di perkotaan seperti transportasi publik, sampah, dan kawasan kumuh yang akan dihadapi masyarakat Indonesia yang tinggal di perkotaan pada tahun 2045,  diperkirakan mencapai 70 persen. 

“Yang jelas untuk masalah perkotaan kita harus menggarap transportasi umumnya. Kita pastikan transportasi umum ini aman, nyaman terutama bagi kaum disabilitas, lansia, dan anak-anak. Lalu kita pastikan transportasi ini kita pastikan digitalisasinya,” jelasnya.

Seratus Kementerian Pun Tak Masalah jika untuk Akselerasi Kinerja, Menurut Pakar Politik

Debat perdana cawapres ini mengusung tema ekonomi kerakyatan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Chair of B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani.

Apindo Usul di Kabinet Prabowo-Gibran Ada Kementerian Perumahan dan Perkotaan

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) pun mengusulkan pembentukan Kementerian Perumahan dan Perkotaan dalam pemerintahan baru.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024