Mahfud Pamer Lulusan UGM Paling Top, Pernah Duduki Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Sukabumi - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD mengaku bangga dan mengklaim bahwa dirinya memiliki prestasi sebagai lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) yang pernah menduduki banyak jabatan di Pemerintahan. Baik di tingkat legislatif, eksekutif dan yudikatif. 

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Hal tersebut ia sampaikan saat duduk bersilaturahmi bersama para kiai dan ulama se-Sukabumi Raya di Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Hidayah, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu, 27 Desember 2023.

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

"Saya bilang saya dari pesantren. Saya ingin tanya di Jogja nih ya, Universitas Gadjah Mada. Apakah di UGM itu sudah pernah melahirkan alumni yang menduduki tiga poros kekuasaan? Ada namanya Mahfud. Porosnya legislatif, eksekutif, yudikatif," kata Mahfud. 

"Yang lain ya mungkin di yudikatif iya, yang lain mungkin legislatif ke eksekutif. Saya tiga ini sudah dimasuki semua," sambungnya. 

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Menurutnya, hal itu membuktikan pendidikan pesantren tidak kalah unggul dengan pendidikan Indonesia. 

Di depan puluhan santri dan ulama, Mahfud menceritakan rekam jejak karirnya semasa hidup. Ia menyebut bahwa dirinya berasal dari lulusan pondok pesantren yang merintis jadi guru dan dosen. Kemudian berhasil menduduki sejumlah jabatan di Pemerintah.

"Saya sama Amien Rais zaman dulu, masih yang muda-muda lah tahun itu, tahun 93-97 saya ceramah agama terus sambil jadi dosen.  Nah jadi dosen, saya tercapai jadi dosen. Jadi hakim, saya juga jadi ketua MK. Tercapai semua. Lalu jadi anggota DPR, saya juga jadi anggota DPR pernah. Jadi menteri, dapat bonus jadi menteri. Menterinya 3 kali. Menteri Pertahanan, Menteri Kehakiman, waktu itu namanya menteri kehakiman dan hak asasi manusia. Lalu sekarang Menko Polhukam," katanya.

Mahfud MD

Photo :
  • Tangkapan layar.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI itu mengatakan bahwa semua jabatannya yang ia raih merupakan hasil dari perjuangan kerja kerasnya. 

"Jadi kuncinya kerja keras dan tidak takut. Yang penting benar. Itu sebabnya lalu saya sekarang yang melampaui berbagai pekerjaan, jadi dosen sejak tahun 84, tahun 99, 15 tahun sesudah saya jadi dosen di kampus terus dapat gelar professor guru besar," kata Mahfud. 

"Lalu saya ikut Gus Dur ke Jakarta. Diangkat jadi menteri. Sejak saat itu sampai sekarang saya terus ada di Jakarta dan berpindah-pindah pekerjaan. Jadi menteri 3 kali, ketua mk, anggota DPR. Itu artinya apa? Kerja keras," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya