Kiai Marzuki Dicopot dari Ketua PWNU Jatim, Gus Ipul: Ada Masalah yang Tidak Terkendali

SekJen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di acara shalawatan di Surabaya.
Sumber :
  • istimewa/Nur Faishal

Surabaya – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul menyampaikan pencopotan KH Marzuki Mustamar dari jabatan Ketua PWNU Jatim bukan karena politik praktis. Menurut dia, Kiai Marzuki melakukan pelanggaran. Namun, Gus Ipul tak menyebut secara rinci.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Di antaranya ada masalah-masalah yang tidak terkendali, misalnya [kasus di PCNU) cabang Jombang, kan, sampai ke pengadilan segala macam. Karena wilayah tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga berlarut-larut dan bermasalah," kata Gus Ipul di sela acara selawatan di JX Internasional Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis malam, 28 Desember 2023.

Gus Ipul menyebut permasalahan di PCNU di Jombang terkait pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) di beberapa bulan lalu. Dari hasil konfercab memunculkan seteru antara PCNU Jombang dengan keputusan PBNU, hingga masuk ke pengadilan. Perselisihan itu pun berujung terhadap pemecatan KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam dari jabatan Wakil Ketua PWNU Jatim.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Kiai Haji Marzuki Mustamar.

Photo :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Gus Ipul bilang, setelah diteliti, PBNU menilai ada tanggung jawab yang tak dijalankan oleh Kiai Marzuki selaku Ketua PWNU Jatim terkait masalah tersebut.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Kita melihat ada paling tidak tanggung jawab yang kurang dari wilayah, dalam hal ini oleh ketua wilayah," tutur eks Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode itu.

Pun, dia menambahkan pemecatan Kiai Marzuki tak terkait dengan politik praktis. Kata dia, itu juga jadi masalah internal organisasi dan soal penggantian pengurus adalah hal biasa. Maka itu, ia meminta semua pihak tidak membesar-besarkan. "Mungkin di tempat manapun Kiai Marzuki itu bisa untuk mengabdi di lingkungan NU," ujarnya.

Heboh pencopotan Kiai Marzuki Mustamar dari posisi Ketua PWNU Jatim pertama kali diungkap oleh mantan Wakil Ketua PWNU Jatim, Gus Salam. Ia menyebut Ketum PBNU Gus Yahya memberitahukan soal itu saat pertemuan antara PBNU dengan PWNU dan PCNU se Jatim di Shangri-La Hotel Surabaya, Rabu, 27 Desember 2023 malam.

Gus Salam mengatakan, tak semua pimpinan PCNU diundang di pertemuan tersebut. Dari PWNU Jatim, hanya beberapa pengurus saja seperti Sekretaris PWNU Akhmad Muzakki. Untuk Kiai Marzuki disebut tak diundang. "Kiai Marzuki Mustamar tidak diundang," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya