Respons PBNU Dituding Gus Salam Arahkan PCNU se-Jatim Dukung Prabowo-Gibran

Saifullah Yusuf (Gus Ipul).
Sumber :

Surabaya – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf angkat bicara soal tudingan mantan Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU) KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam, yang menyebut PBNU mengarahkan PCNU se Jatim mendukung paslon capres nomor urut 02, Prabowo-Gibran.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

"Yang bicara siapa? Ikut [hadir di pertemuan PBNU dan PCNU se Jatim pada Rabu, 27 Desember 2023] enggak? Kalau enggak ikut saya enggak mau komentari, kalau dia [Gus Salam] ikut saya baru komentar. Kan, cuma dengar-dengar, saya enggak bisa nanggapi," kata Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf, di sela acara shalawatan di JX Internasional Surabaya, Kamis, 28 Desember 2023.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres KPU

Photo :
  • Istimewa
Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Saat minta menegaskan ulang apakah betul dalam pertemuan tersebut ada pembahasan terkait Pilpres 2024, Gus Ipul enggan menjawab. "Pokoknya anu lah, ini sekali lagi urusan internal, ada yang bisa disampaikan dan ada yang tidak. Jelas," ujar mantan Wakil Gubernur Jatim dua periode itu.

Dia menegaskan, pencopotan KH Marzuki Mustamar dari jabatan Ketua PWNU Jatim tidak ada kaitannya dengan politik praktis. Karena itu, Gus Ipul meminta semua pihak tidak membesar-besarkan. "Soal ganti-mengganti [pengurus], setiap organisasi biasa ganti-mengganti. Biasa, kan, diganti itu jangan dianggap sebagai sesuatu yang istimewa," ucap Gus Ipul.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Wali Kota Pasuruan itu mengatakan, proses pencopotan Kiai Marzuki Mustamar dari jabatan Ketua PWNU Jatim memakan waktu yang lama dan dengan pertimbangan yang saksama. Keputusan itu diambil berdasarkan usulan dari jajaran syuriah. Begitu pula soal penggantinya, maka diputuskan oleh rapat pleno syuriah PWNU Jatim.

Pencopotan Kiai Marzuki Mustamar dari jabatan Ketua PWNU Jatim mula kali dibocorkan oleh mantan Wakil Ketua PWNU Jatim, Gus Salam. Dia mengatakan, pemberitahuan pencopotan Kiai Marzuki disampaikan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dalam pertemuan PBNU dengan PWNU dan PCNU se Jatim di Shangri-La Hotel Surabaya, Rabu, 27 Desember 2023, malam.

Kiai Haji Marzuki Mustamar.

Photo :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Beberapa pengurus PWNU Jatim hadir di pertemuan itu, di antaranya sang sekretaris, Akhmad Muzakki. Namun, lanjut Gus Salam, tak semua PCNU diundang. Kiai Marzuki Musyamar juga tak diundang. "Kiai Marzuki Mustamar tidak diundang," ucap Pengasuh Pondok Pesantren Denanyar Jombang itu.

Selain soal pemberhentian Kiai Marzuki, Gus Salam menyampaikan di forum itu juga disampaikan pengarahan agar PCNU membantu paslon nomor urut 02, Prabowo-Gibran. "Ada dengan bahasa yang sharih, jelas, dan ada yang dengan bahasa kinayah," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya