Tensi Anies Terlihat Meninggi Ketika Programnya di Jakarta DP Nol Rupiah Disebut Gagal

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat acara 'Desak Anies' di NTB.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta – Anies Baswedan menegaskan, bahwa program DP Nol Rupiah yang digagas saat menjadi Gubernur DKI Jakarta 2017-2022, berjalan lancar. Dia membantah kalau program yang menyediakan rumah tanpa uang muka untuk warga Jakarta itu, realisasinya jauh dari target alias gagal.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Penegasan Anies itu, saat ditanya oleh salah seorang mahasiswa dalam acara Desak Anies yang diunggah di akun youtube miliknya, beberapa waktu lalu. Anies menyebut, data yang disampaikan mahasiswa itu kalau target rumah DP Nol Rupiah 95 persen tidak tercapai, adalah hoaks.

Mahasiswa tersebut awalnya bertanya tentang Program kredit rumah yang dijanjikan oleh capres nomor urut 1 di Pilpres 2024 itu. Dia mengakui, KPR dengan bunga ringan adalah dambaan anak muda saat ini. Tapi dia mengingatkan lagi soal DP Nol Rupiah yang dijalankan Anies di Jakarta.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

"Program dp nol ini dari targetnya 200 ribu (hunian) akhirnya turun jadi 10 ribu saja, turun 95 persen. Kami pemuda tidak mau kecewa karena target tiba-tiba turun, jadi hanya 8 juta yang dapat dari 68 juta," kata mahasiswa itu.

Anies terlihat mendengarkan dengan serius pemaparan dari penanya tersebut. Setelah mendapatkan kesempatan menjawab, Anies mengatakan dengan singkat kalau data yang terealisasi turun 95 persen, menurutnya hoaks.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

"Yang pertama, angka itu hoaks. Kecuali anda bisa membuktikan bahwa itu benar," tegas Anies.

Anies mengaku, kalau program tersebut justru punya kontribusi besar dalam pertumbuhan hunian baru di Jakarta. Dia juga menyebut kalau program itu justru memasok lebih dari separuh hunian susun baru di Jakarta.

"Itu yang terjadi. Karena itu saya selalu mengatakan, saya tidak minta Anda menyukai saya, tetapi jangan gunakan hoaks dalam menilai saya," tegas Anies, disambut tepuk tangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya