Respons Hasto, Meutya Hafid Ingatkan untuk Tak Tarik TNI Dalam Persaingan Politik

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta – Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid mengingatkan semua pihak untuk tidak menarik institusi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam persaingan politik. 

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Penegasan tersebut disampaikan Meutya menanggapi protes Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, yang mengkaitkan kasus kekerasan terhadap relawan Ganjar di Boyolali dengan netralitas TNI. 

"TNI adalah kebanggaan masyarakat, dari berbagai survei terbukti bisa dipercaya oleh publik. Mari kita pisahkan antara kepentingan politik dan proses hukum, antara oknum dan institusi. Sayang sekali jika TNI sampai dibawa-bawa ke dalam isu politik praktis," kata Meutya, Selasa, 2 Januari 2023. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Komisi I DPR merupakan mitra dari TNI dan beberapa kementerian dan lembaga di bidang pertahanan.

Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid.

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal
MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Sangat disayangkan jika kemudian kasus di Boyolali lebih kental unsur politiknya ketimbang hukumnya. Seharusnya kita percayakan pada proses hukum yang ada. TNI adalah lembaga yang netral, tidak perlu menarik-narik TNI ke dalam persaingan politik. Jangan semua-semua ditarik ke dalam isu netralitas TNI," kata Meutya.

Politikus Golkar itu berharap, jika terjadi pelanggaran dan kekerasan di lapangan, maka perlu diusut dan ditindak tegas dengan hukum yang berlaku. Tidak terkecuali bila hal itu dilakukan oleh oknum TNI ataupun simpatisan partai politik.

"Jika ada oknum yang melanggar, silakan diproses dengan tegas, baik dari pihak TNI maupun dari pihak pengendara jika terbukti melanggar peraturan. Ini harus ditindak dengan hukum yang berlaku, sehingga terang benderang. Jadi tidak perlu ditarik ke ranah politik yang rentan kepentingan," ujarnya.

Meutya juga mengajak semua pihak untuk tidak menaruh curiga terhadap TNI. Terlebih, TNI selalu memegang rekor tingkat kepercayaan publik tertinggi dibanding lembaga negara lainnya, menurut berbagai lembaga survei.

Meutya mencontohkan survei yang dilakukan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada rentang 13-18 Desember 2023, menempatkan TNI di tingkat teratas dengan persentase kepercayaan publik mencapai 91,2 persen.

Sebelumnya, isu netralitas TNI muncul lantaran protes yang dilakukan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang mengkaitkan kekerasan oknum TNI dengan posisi capres Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan. Bahkan Hasto menyebut adanya elemen TNI yang menjadi simpatisan Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya