TKN Kirim Surat Keberatan ke KPU soal Hak Siar Debat Ketiga Pilpres karena Afiliasi Politik

Debat Capres-Cawapres Pertama
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran telah mengirim surat keberatan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI perihal stasiun televisi (TV) swasta pemegang hak siar pada penyelenggaraan debat ketiga Pilpres 2024.

Megawati: Sekarang Hukum yang Berkeadilan melawan Hukum yang Dimanipulasi

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menjelaskan bahwa TKN meminta kepada KPU untuk menukar stasiun TV swasta sebagai pelaksana penyelenggara debat ketiga pilpres bukan hanya dari MNC Group.

"TKN kirim surat kepada KPU minta supaya penyelenggaraannya ditukar, alasannya apa 'kan enggak elok, dalam satu sesi debat ketiga ini penyelenggaranya empat (stasiun) TV (dalam) satu grup MNC dan semuanya afiliasi, ini namanya dominasi market," kata dia saat jumpa pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Selasa malam, 2 Januari 2024.

PDIP Sebut Pemilu 2024 Terburuk dalam Sejarah Demokrasi Indonesia

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menjelaskan bahwa TKN tidak bersikap anti terhadap MNC Group, namun dalam persaingan usaha, keberadaan empat stasiun TV dari MNC Grup pada momentum debat ketiga pilpres memiliki dampak yang tidak menguntungkan bagi stasiun TV lainnya.

Golkar-Gerindra Jatim Jajaki Peluang Usung Mantu Pakde Karwo di Pilwakot Surabaya

Selain itu, menurut Nusron, alasan keberatan berikutnya karena MNC Grup dimiliki oleh ketua umum partai politik yang mendukung pasangan calon tertentu pada Pilpres 2024.

"Kebetulan pemilik MNC Grup itu, pemiliknya adalah ketua umum partai, yang juga mendukung paslon tertentu. Jadi, ya, mohon maaf, kami terpaksa mengirim surat, supaya ada pemerataan dan check and balance," kata dia.

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar sebelumnya juga meminta kepada TV swasta yang memegang hak siar untuk pelaksanaan debat ketiga calon presiden yang diselenggarakan oleh KPU RI harus tetap menjaga independensinya.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

"Sebagai salah satu lembaga penyiaran, ya harus terjaga betul independensinya. Kami harap Grup MNC membuktikan diri untuk independen," kata Muhaimin di Jakarta, Selasa (2/1).

Debat ketiga calon presiden yang diselenggarakan oleh KPU bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Debat akan diselenggarakan pada 7 Januari 2024, serta ditayangkan di jaringan atau Grup MNC, seperti RCTI, Global TV, dan iNews TV.

Sementara, pemilik Grup MNC Hary Tanoesoedibjo merupakan Ketua Umum Partai Perindo selaku pengusung paslon nomor urut tiga, yaitu Ganjar-Mahfud.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya