Pemkab Tanah Datar Pindahkan Tempat Acara Desak Anies 

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.
Sumber :
  • ANTARA Foto

Tanah Datar -- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, memindahkan tempat acara Desak Anies yang semula diadakan di Istano Basa Pagaruyung ke lapangan Cindua Mato Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Rabu, 3 Januari 2024.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Bupati Tanah Datar, Eka Putra menyebutkan bahwa pindahnya tempat kampanye calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan di wilayahnya itu, didasari dengan aturan tentang penggunaan Istano Basa Pagaruyung.

Ia menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2023 Pasal 72A, ayat 5, kampanye pemilu di fasilitas pemerintah dan tempat pendidikan dilaksanakan pada hari Sabtu dan atau Minggu. Sedangkan Istano Basa Pagaruyung adalah fasilitas pemerintah yang merupakan cagar budaya yang dilindungi undang-undang.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat di Malioboro, Yogyakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi (Yogyakarta)

"Tidak ada melarang. Namun yang melarang adalah aturan. Istano Basa Pagaruyung adalah fasilitas pemerintah yang merupakan cagar budaya yang dilindungi undang-undang," kata Eka Putra, Rabu, 3 Januari 2024.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Eka memastikan bahwa  pihaknya sama sekali tidak melarang agenda Anies Baswedan di wilayahnya. Bahkan, kedatangan Anies disambut sangat baik karena akan membantu mempromosikan Tanah Datar di level Nasional.

Ia pun menyarankan agar acara Desak Anies dilakukan di Tanah Datar dengan tetap mengikuti peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum

"Sekali lagi, kita tidak melarang agenda Anies di Tanah Datar. Malah kita sambut bak. Kita juga meminta semua tim kampanye dari partai mana pun, dari capres mana pun agar melaksanakan kegiatan politik dengan tetap mempedomani ketentuan peraturan perundang-undangan, agar tidak terjadi permasalahan hukum di kemudian hari," ujar Eka Putra.

Diketahui, hari ini Anies Baswedan akan bertemu dan berdiskusi dengan para milenial dan petani di Kabupaten Tanah Datar dan kota Solok, Sumatera Barat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya