Polling Institute: Setelah 2 Kali Debat, Elektabilitas AMIN Ungguli Ganjar-Mahfud

Tiga Paslon Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA

Jakarta – Survei Polling Institute merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres pasca debat cawapres beberapa waktu lalu. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dah Gibran Rakabuming Raka unggul dari dua pasangan lainnya.

Prabowo: Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami

Dalam data hasil survei yang dipaparkan oleh Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim, Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan angka 46,2 persen.

"Jeda satu minggu pengambilan data setelah debat cawapres cukup stagnan ya, dari 46,1 ke 46,2 persen," ujar Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim dalam paparannya secara daring, Rabu, 3 Januari 2024.

Maju Pilgub Babel Kembali, Erzaldi Rosman Ngaku Didukung Prabowo

Hasil Survei Elektabilitas Capres-Cawapres 2024 pasca debat kedua

Photo :
  • VIVA

Sementara untuk pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berada dalam posisi kedua dengan perolehan suara sebesar 24,6 persen. "Setelah debat cawapres, ada kenaikan sekitar 2 persen," katanya.

Gerindra: Prabowo Sudah Kantongi Nama untuk Pilgub Jakarta 2024

Kennedy mengatakan elektabilitas pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD merosot setelah pengumuman Gibran sebagai cawapres Prabowo. Pasangan Ganjar-Mahfud memperoleh angka 21,3 persen.

"Paslon nomor urut 3, terjadi kemerosotan elektabilitas pasca pengumuman Gibran sebagai cawapres Pak Prabowo. Ada penurunan yang cukup dalam, kemudian turun kembali, kalau kita jumlah ini ada penurunan sudah 9 persen," ucapnya.

Adapun survei dilakukan pada periode 26 hingga 28 Desember 2024. Metode yang digunakan dalam survei ini yaitu kombinasi metode Random Digit Dialing (RDD) sebanyak 280 responden dan Double Sampling (DS) sebanyak 966 responden. Dengan total hingga 1246 responden.

Capres dan Cawapres saat Debat Capres Pertama di KPU

Photo :
  • vstory

RDD merupakan proses pembangkitan nomor telepon secara acak, sementara DS adalah pengambilan sample secara acak dari kumpulan data hasil survei tatap muka yang dilakukan.

Sasaran populasi survei ini yaitu warga negara Indonesia berusia 17 tahun atau lebih dan memiliki telepon genggam. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya