Erzaldi: Pemahaman Komprehensif soal Pertahanan Negara Buat Prabowo Siap Hadapi Debat Ketiga

Debat Capres-Cawapres Pertama Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Debat ketiga Pilpres 2024 akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Minggu besok. Tema debat ketiga yang akan melibatkan tiga capres itu terkait pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Momen Prabowo Diberikan Patung oleh Jenderal Hendropriyono

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Bangka Belitung Erzaldi Rosman menilai capres nomor urut 2 itu sangat siap menghadapi debat kali ini. Dia bilang demikian karena ada beberapa alasan Prabowo dinilai siap.

Menurut Erzaldi, setidaknya ada 3 alasan yang memantapkan kesiapan Prabowo dalam debat ketiga ini. Pertama, kata dia, tema debat terkait pertahanan negara dan hubungan internasional.

Jokowi akan Bisiki Prabowo soal Potensi Besar dari Budi Daya Ikan Nila Salin

"Ini adalah tema yang sangat dikuasai beliau karena memang beliau bertugas, memaknai, dan melaksanakan tugas negara dan politik luar negeri bebas aktif. Jadi, itu alasan yang pertama," kata Erzaldi, dalam keterangannya, Sabtu, 6 Januari 2024.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres KPU

Photo :
  • Istimewa
Yusril Nilai Prabowo Tak Bisa Otomatis Tambah Kementerian, Mesti Revisi UU atau Bikin Perppu

Lalu, ia menambahkan alasan kedua karena Prabowo punya visi misi dalam pertahanan negara. Komitmen itu tertuang dalam visi misi bernama Asta Cita Prabowo-Gibran yaitu penguatan pertahanan negara dan mendorong kemandirian bangsa.

Bagi dia, dengan kondisi itu jadi penting karena gagasan terkait ini sudah disiapkan serius oleh Prabowo sebagai capres. Ia menekankan figur Menteri Pertahanan RI itu juga menaruh perhatian karena rekam jejaknya di dunia militer.

Erzaldi menyinggung alasan ketiga yang membuat Prabowo bakal optimal di debat besok. Dia menyampaikan alasan itu karena pembahasan tentang pertahanan negara yang selalu dibahas komprehensif oleh Prabowo.

Menurut dia, pemahaman komprehensif Prabowo tentang pertahanan negara itu juga menyangkut hubungan luar negeri yang kondusif, dan kemandirian sektor penting negara seperti salah satunya maritim.

"Pemahaman komprehensif Prabowo Subianto tentang pertahanan negara ini membuat pak Prabowo sangat siap menghadapi debat ketiga capres nanti," ujar Erzaldi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya