Prabowo Ngaku Tak Khawatir Negara Lain Intervensi RI soal Utang

Prabowo Subianto
Sumber :
  • dok. Istimewa

Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto mengatakan, Indonesia tidak pernah berada dalam kondisi gagal membayar utang luar negeri. Hal inilah yang membuat Indonesia dihormati negara-negara lain di dunia.

Nasib Program Kartu Prakerja di Era Prabowo-Gibran

Pernyataan itu diungkap Prabowo dalam debat Pilpres 2024 ketiga di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 7 Januari 2024.

"Soal utang, kita sangat-sangat dihormati, kita tidak pernah default, saya keliling seluruh dunia, mereka sangat hormat dengan Indonesia, kita tidak pernah gagal (bayar) utang," kata Prabowo.

Prabowo Yakin Ekonomi Indonesia Mampu Tumbuh 8% 2-3 Tahun ke Depan

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Prabowo menyebut utang Iuar negeri yang dimiliki Indonesia merupakan salah satu terendah di dunia. Kata dia, hutang Indonesia hanya sekitar 40 persen dari rasio produk domestik bruto (PDB) nasional.

Hadiri Qatar Economic Forum, Prabowo Ungkap Hal yang Jadi Prioritas di Pemerintahannya

"Utang luar negeri ternyata di Indonesia sekarang, hutang luar negeri kita sebagai rasio perbandingan terhadap produk domestik bruto kita salah satu terendah di dunia. Jadi kita berada di sekitar 40 persen sedangkan banyak negara-negara jauh di atas kita," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Prabowo mengaku tak khawatir negara-negara lain di dunia mengintervensi Indonesia soal utang. Kata dia, memiliki kekuatan pertahanan yang baik dapat menjadi modal agar Indonesia tidak mudah diintimidasi negara lain. 

"Jadi saya kok tidak terlalu khawatir negara lain mau intervensi kita soal utang. Saya sangat optimis tapi kembali kita harus punya kekuatan pertahanan yang kuat, supaya tidak bisa diintervensi, tidak bisa digertak, tidak bisa diintimidasi," kata dia.

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Hanya dengan kekuatan kita akan dihormati dan kita akan amankan kekayaan kita, amankan ekonomi kita, mengamalkan pembangunan kita menuju Indonesia makmur, Indonesia kaya," pungkas Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya