Bela Prabowo, TKN: Dalam Isu Pertahanan, Ada Hal yang Memang Sensitif Tidak Bisa Dibuka

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Budiman Sudjatmiko mengatakan calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto secara substantif sangat menguasai isu dalam debat ketiga Pilpres 2024 semalam.

Prabowo-Gibran Menang, Relawan: Program Harus Jalan dan Sampai ke Masyarakat

Dia pun membela Prabowo yang terus-menerus diserang paslon lain khususnya mengenai isu pertahanan. Kata Budiman, dalam isu pertahanan ada hal-hal sensitif sehingga tak bisa dibuka Prabowo selaku Menteri Pertahanan (Menhan) secara gamblang ke publik.

Budiman menyebut hal yang tak bisa dibuka itu seperti kekuatan alutsista karena khawatir akan buka rahasia negara.

Habiburokhman: Jangan Ada Pihak yang Memecah Relawan dengan TKN Prabowo-Gibran

"Bahwa dalam berbagai macam isu pertahanan, ada hal-hal yang memang sensitif tidak bisa dibuka. Tentang kekuatan, pesawat tempur, alat-alat alutsista, pertahanan, akan membuka rahasia negara karena isu pertahanan sensitif," ujar Budiman kepada wartawan, dikutip Senin, 8 Januari 2024. 

Dewan Pembina Relawan Prabowo Budiman Bersatu (Prabu) Budiman Sudjatmiko tengah saat memberikan keterangan kepada wartawan di Bandar Lampung, Lampung, Senin, 4 Desember 2023.

Photo :
  • ANTARA/Dian Hadiyatna
Jubir Jelaskan Maksud Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic' ke Pemerintahan

Budiman menilai Prabowo tetap pada jalurnya dalam menjawab berbagai isu dan pertanyaan moderator dalam debat ketiga itu.

"Saya tertarik bahwa Pak Prabowo tetap coba on the track, membicarakan isu-isu pertahanan, politik luar negeri, geopolitik, dan globalisasi dalam kapasitas beliau bukan sekadar Menteri Pertahanan tapi beliau juga sebagai pembaca," ucapnya. 

Sebaliknya, Budiman justru menyoroti sikap capres nomor urut satu, Anies Baswedan dalam debat ketiga itu. Menurut dia, Anies malah banyak menyerang personal Prabowo di dalam debat itu.

"Kalau Pak Anies, saya melihat lebih baik ini menjadi forum personal. Pak Anies mempersonalisasi beberapa kritik yang sifatnya tidak ada hubungannya juga dengan kinerja Kementerian Pertahanan, tidak ada hubungannya dengan isu pertahanan," ujar Budiman.

Menurut Budiman, ada beberapa serangan yang dilontarkan Anies ke Prabowo. Namun, lagi-lagi serangan itu mengarah ke ranah personal.

"Ya ada beberapa beliau menyinggung, tapi nampaknya bobot tekanan yang disampaikan Pak Anies, banyak serangan-serangan personal," ujar Budiman. 

Debat ketiga Pilpres 2024 sudah digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024. Tiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo menjalani forum debat yang bertema pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan politik luar negeri. Adapun duet moderator debat ketiga adalah jurnalis Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya