KPU Sindir Grace Natalie PSI yang Datangi Moderator Debat Capres: Tidak Patut Dilakukan

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie (kanan) didampingi Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni (kiri).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asyari menyinggung aksi aksi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dan Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka yang menghampiri moderator saat jeda iklan di debat capres semalam. Dia menyebut aksi Grace dan Isyana tak patut karena bisa memunculkan tafsir lain di publik.

Pilgub Banten 2024 Tanpa Calon Perseorangan

Grace dan Isyana sempat menghampiri moderator debat ketiga Pilpres 2024 saat jeda segmen kedua. Grace dan Isyana menghampiri moderator untuk pertanyakan aksi pendukung pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang mengacungkan 3 jari saat peserta debat saling menanggapi. Terlihat mereka berbincang dengan moderator.

"Dalam pandangan kami, walaupun dari mereka saling mengenal. Itu semestinya kan tidak patut untuk dilakukan, karena bisa menimbulkan penilaian yang negatif. Karena kan tidak tahu ya. Tahunya cuma mendatangi. Di situ ngomong apa, kan kita enggak tahu," kata Hasyim kepada awak media, Senin, 8 Januari 2024. 

Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

Menurut dia, tindakan tersebut tak dapat dibenarkan terlepas dari apapun motif dan alasannya. Apalagi, dia menuturkan, KPU dan tim pasangan calon sudah sepakat mengenai mekanisme melayangkan protes.

Prabowo Subanto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Debat Capres

Photo :
  • Istimewa
2 Pasangan Calon Independen Daftar ke KPU untuk Pilwalkot Malang

Hasyim menyampaikan sejak debat pertama, Selasa 12 Desember 2023, tim pasangan calon sepakat jika prosedur protes harus disampaikan melalui Liaison Officer atau LO. Ia mengatakan LO tersebutlah yang akan menyampaikan keberatan ke LO pasangan calon lain.

Maka itu, kata dia, pihaknya akan mengevaluasi aksi tersebut secara keseluruhan terkait jalannya debat ketiga. 

Grace sebelumnya mengklarifikasi bahwa dirinya mempertanyakan aksi pendukung Ganjar Pranowo saat sesi debat. Menurutnya, gerakan itu mengganggu konsentrasi.

Maka, Wakil Ketua Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming itu menghampiri moderator.

"Kami mempertanyakan apa boleh pendukung yang duduk di belakang moderator, setiap paslon menjawab, mengacungkan tangan mereka tinggi-tinggi. Khawatir gerakan-gerakan ini mengganggu konsentrasi semua paslon," ujarnya.

Debat ketiga Pilpres 2024 sudah digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024. Tiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo jalani debat dengan tema pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan politik luar negeri. Adapun duet moderator di debat ketiga semalam adalah jurnalis Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya