Disebut Prabowo Tak Pantas Bicara Etik, Anies Bilang Begini

Anies BaswedanDebat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

JakartaCapres nomor urut satu Anies Baswedan memberikan sebuah repons usai dirinya disentil Prabowo Subianto karena dinilai tak pantas untuk bicara soal etik. Anies menjelaskan bahwa dirinya bicara etik lantaran bagaimana kinerja Prabowo ketika menjadi seorang pimpinan dalam bidang pertahanan.

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

"Pertanyaan kami adalah bagaimana standar etika dan kepemimpinan di bidang pertahanan," ujar Anies kepada wartawan dikutip Senin 8 Januari 2024.

Prabowo Subianto dan Anies Baswedan

Photo :
  • KPU
Ketua DPD RI Dukung Saran Luhut ke Prabowo soal Beli Kapal Riset Canggih

Anies mengatakan sejatinya seorang pemimpin itu harus menjunjung tinggi nilai etik. Maka itu, dia menyebut kalau ketika Prabowo mendapatkan sebuah pertanyaan tak mesti tau siapa penanyanya tapi tetap berikan jawaban dalam konteks penjabaran sebenarnya.

"Semakin kompleks organisasi semakin harus menjunjung tinggi nilai, sampaikan jawabannya jangan mempertanyakan tentang siapa penanyanya, siapa saja bisa tanya, dan ketika wartawan tanya saya tidak boleh bilang sama wartawan ‘oh anda tidak boleh bertanya itu’ boleh," kata Anies.

Luhut Sarankan Prabowo Beli Kapal Riset dengan Peralatan Canggih

"Menurut saya kita harus fokus pada jawabannya apa, standard etikanya dimana, apakah kita merujuk kepada panglima besar jenderal sudirman yang menjunjung tinggi nilai, menjunjung tinggi etika, sehingga dihormati sampai dengan hari ini," imbuhnya.

Sebelumnya, Debat ketiga Pilpres 2024 berjalan panas, terutama antara Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dengan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan. Dalam debat kali ini, Anies kembali menyinggung persoalan putusan MKMK yang menyebut ada pelanggaran etik dalam putusan MK yang menjadi dasar pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres.

Anies menanyakan kepada Prabowo mengenai standar etik seorang Presiden dan mengaitkan dengan pencalonan Gibran. Namun hal tersebut langsung dijawab oleh Prabowo.

Prabowo menilai, tindakan Anies yang terus menanyakan kepadanya mengenai etik, seakan ingin mendesak dan menyudutkan. Maka dari itu, menurut Prabowo Anies sendiri tak menerapkan soal etik dan tak pantas bicara soal etik.

"Saudara bicara etik-etik, saya itu keberatan, karena saya menilai, Maaf ya karena anda desak saya, terus terang saya menilai anda tidak pantas bicara soal etik, itu saja," kata Prabowo.

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Prabowo menyebut apa yang dikatakan Anies banyak yang keliru dan menyesatkan. Prabowo berpendapat, Anies tak layak bicara etik.

"Anda itu menyesatkan, itu aja. Saya boleh berpendapat kan? saya menilai anda tidak berhak bicara soal etik. Karena anda memberi contoh yang tidak baik soal etik," kata Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya