HUT PDIP ke-51 Tanpa Jokowi, Djarot: Diundang Pun Beliau Enggak Hadir

Plt Ketua DPD PDIP Sumut Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak akan datang, meski diundang ke acara HUT PDIP ke-51 yang akan digelar pada Rabu, 10 Januari 2024.

Giliran Bos Microsoft Satya Nadella Mau Sowan ke Jokowi

Di sisi lain, Djarot tak mengetahui secara pasti, apakah Presiden Jokowi yang juga merupakan kader PDIP diundang atau tidak. Ia hanya mengetahui bahwa Presiden akan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Photo :
  • Akun X @jokowi
Jokowi Teken UU Daerah Khusus Jakarta

"Pak Jokowi kita tahu, itu kita dengar informasi bahwa beliau mau ke luar negeri, melaksanakan kenegaraan. Diundang pun pasti beliau enggak bisa hadir ya," kata Djarot kepada wartawan usai debat capres ketiga di Istora Senayan, dikutip Senin, 8 Januari 2024.

Di sisi lain, Djarot menjelaskan acara puncak HUT PDIP ke-51 digelar secara sederhana di sekolah partai. Acara puncak itu juga akan dilakukan secara serentak bersama rakyat mulai dari tingkat ranting hingga pusat.

Tidak Akan Ada Guncangan Politik dalam Transisi Jokowi kepada Prabowo, Menurut PAN

"Jadi kita mengadakan ini sangat sederhana yang betul-betul menyatu dengan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat DPC, PAC dan ranting. Jakarta sendiri itu hanya diadakan di sekolah partai ya di Lenteng Agung, tempatnya sangat terbatas dan itu kita lakukan dengan sangat khidmat," kata dia.

Menurutnya, hal tersebut juga sejalan dengan pemilihan tema HUT ke-51 PDIP yakni 'Satyam Eva Jayate atau Kebenaran Pasti Menang'.

Presiden RI Jokowi saat Rakernas PDIP di Jiexpo, Kemayoran.

Photo :
  • YouTube PDIP

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memahami padatnya agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai kepala negara. Hasto mengatakan Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri di Filipina saat puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-51 PDIP pada Rabu 10 Januari 2024.

"Kami dapat informasi Pak Presiden Jokowi akan melaksanakan tugas negara di luar negeri di Filipina. Tetapi watak kegiatan (HUT) kali ini turun ke bawah menyatu dengan rakyat itu sendiri," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, 6 Januari 2024. 

Lebih jauh, Hasto mengungkapkan pada HUT kali ini partainya mengusung tema 'Satyam Eva Jayate atau Kebenaran Pasti Menang'. Ditekankannya, tema tersebut sengaja diambil untuk menunjukan semangat kepartaian PDIP yang berasal dari rakyat.

Karena itu, lanjut Hasto, peringatan HUT ke-51 PDIP nantinya bakal digelar di tingkat RT dan RW di seluruh Indonesia.

"Jadi peringatan ultah PDIP nanti akan diawali pidato politik Ibu Ketum sekaligus perintah harian. Karena peringatan ini diadakan di basis rakyat, di tingkat RT dan RW, maka kegiatan akan melibatkan rakyat. Seperti jati diri PDIP, sehingga (digelar) di RT dan RW," kata Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya