Prabowo Minta Diskusi Terpisah soal Data Pertahanan, Ganjar Bilang Begini

Ganjar Pranowo Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto mengajak capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo untuk berdiskusi di tempat lain soal data pertahanan. Pasalnya, Ganjar ingin Prabowo buka-bukaan perihal data pertahanan Indonesia saat debat capres ketiga yang digelar KPU RI di Istora Senayan pada Minggu, 7 Januari 2024 malam.

Prabowo: Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami

Ganjar menegaskan bahwa seharusnya, Prabowo menjelaskan soal data pertahanan itu di depan publik. Ia pun mengatakan jangan mengajak diskusi pada ruang lain.

"Maka kalau anda tidak perform, jangan menantang pada ruang lain. Ruang lain nanti ada ruang sendiri. Dan anda akan berbicara dengan yang lain," kata Ganjar usai debat capres ketiga di Istora Senayan, dikutip Senin, 8 Januari 2024.

Maju Pilgub Babel Kembali, Erzaldi Rosman Ngaku Didukung Prabowo

Ganjar Pranowo Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ganjar menyebut, nantinya Prabowo bakal menjelaskan pada ruang lain dengan anggota dewan yang duduk di parlemen, Senayan. Menurutnya, data pertahanan Indonesia patut dibahas secara terbuka dalam debat.

Gerindra: Prabowo Sudah Kantongi Nama untuk Pilgub Jakarta 2024

"Ketika ada statement datanya tidak benar. Maka saya tunjukan bahwa saya kepingin dalam konteks debat, data saya dibantah. Maka publik kita minta untuk menilai, bahwa saya mengajak untuk membandingkan data dan beliau tidak sanggup," kata Ganjar.

Sebelumnya, Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo bertanya kepada calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto soal indeks pertahanan Indonesia yang turun.

Menurut Prabowo, data yang dipaparkan Ganjar keliru. "Pak Ganjar tadi juga banyak kelirunya, saya sangat transparan," kata Prabowo Subianto saat debat capres ketiga di Istora Senayan, Minggu, 7 Januari 2024.

Namun, Ganjar menegaskan bahwa Prabowo seharusnya bisa menjawab pertanyaan mengapa indeks pertahanan di Indonesia turun. Ganjar pun mempersilakan jika seseorang membantu menjawab.

"Sebenarnya apa yang bapak jawab? Sungguh-sungguh saya meragukan itu. Anda mau bilang angkanya, akan saya tunjukkan," kata Ganjar.

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Prabowo pun menjawab, dirinya tak bisa menjelaskan secara detail karena keterbatasan waktu saat debat. Namun, dia mengajak Ganjar jika ingin melakukan diskusi soal pertahanan, dan bakal membeberkan seluruh datanya.

"Ya jadi begini, yang bapak ungkapkan itu, saya bisa bantah, waktunya tidak cukup. Saya siap berjumpa dengan bapak, satu per satu, saya akan buktikan. Saya tidak dikasih waktu. Anda jadi tidak fair, Anda minta kasih penjelasan, begitu rumit. Jadi waktu saya terbatas," katanya. 

"Jadi mari kita diskusi dengan baik sebagai negarawan, jangan mencari-cari hal yang keliru," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya