Kritik Anies dalam Debat Ketiga, Saleh Daulay: Dia Bicara Etika Tanpa Etika

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Saleh Partaonan Daulay, memberikan tanggapan terkait langkah Capres nomor urut 01, Anies Baswedan yang terus mencecar Prabowo Subianto mengenai persoalan etik seorang pemimpin. Menurut Saleh, Anies sendiri dalam debat ketiga semalam tak menunjukkan etika yang baik.

TNI AL Kembali Diperkuat 2 Kapal Perang PC 40 Terbaru Buatan Dalam Negeri

"Debat tadi malam menunjukkan bahwa Anies Baswedan bukanlah negarawan. Dia berbicara etika tanpa etika," kata Saleh dalam keterangannya kepada wartawan, Senin 8 Januari 2024.

Prabowo Subianto dan Anies Baswedan

Photo :
  • KPU
24 Sniper dan Tim Penyelamat Kopasgat Siap Amankan Tamu KTT WWF 2024 di Bali

Menurut Saleh, pada debat semalam Anies merasa paling bermoral. Tetapi dari penyampaian pendapat dan kritiknya, Anies jauh dari nilai moralitas itu sendiri. Saleh menilai, sejak awal debat sudah kelihatan bahwa Anies berusaha menyusun segala premis dan proposisi untuk menjatuhkan Prabowo.

"Kalau menonton secara keseluruhan, orang pasti akan melihat betapa Anies sangat ambisius. Ambisius untuk menjadi presiden. Karenanya, ambisius ingin mengalahkan Prabowo dengan cara yang tidak terhormat," kata Saleh

Luhut Wanti-wanti Prabowo Gak Bawa Orang Toxic, Ketum Projo: Itu Nasihat yang Bagus

Salah satu pernyataan yang tidak terhormat itu, lanjut Saleh, adalah ketika dia memberikan nilai 11 dari skala 100 untuk kementerian pertahanan. Tidak jelas apa tolok ukur yang dijadikan sandaran. Para pengamat politik dan purnawirawan TNI sekali pun tidak ada yang memberikan penilaian seperti itu. 

"Pak Anies ini tahu apa soal TNI? Apa pernah latihan militer? Apa pernah bertugas menjaga NKRI di dalam dan luar negeri? Apa pernah masuk lumpur bersembunyi untuk menghindari gempuran musuh? Oh ya, pelatihan bidang pertahanan apa yang sudah pernah didapatkannya sehingga merasa yakin memberikan penilaian seperti itu?" Ujar Saleh.

Ketua Fraksi PAN di DPR RI itu mengatakan, ada dua hal pokok yang perlu ditegaskan soal kesalahan penilaian itu. Pertama, Anies Baswedan adalah menteri yang diberhentikan oleh Presiden Jokowi. 

"Kenapa diberhentikan? Jawabannya tentu Jokowi yang tahu. Tetapi, secara umum, pastilah karena tidak mampu dan tidak dibutuhkan. Nah, bagaimana seseorang yang pernah diberhentikan menilai seorang menteri yang masih aktif dan berprestasi? Sangat tidak tepat dan pasti jauh dari kebenaran," ujar Saleh

Kedua, lanjut Saleh, Anies itu mantan Gubernur DKI yang didukung Prabowo dan koalisi partai lain. "Apakah mau kalau Prabowo dan koalisi partai-partai itu memberikan nilai 5 dari skala 100 atas kepemimpinannya di DKI. Pastilah tidak mau karena merasa berhasil dan menjadi pahlawan di masa kepemimpinannya," kata Saleh.

Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay

Photo :
  • DPR RI

Saleh mengatakan, kalau mau jujur, banyak kegagalan yang terjadi di Jakarta. TKN Prabowo tahu betul soal itu dan mereka punya datanya. "Bukan data asal-asalan. Namun, TKN Prabowo tidak mau membuka soal itu. Makanya tetap fokus dengan tawaran visi-misi dan program," ujarnya

Saleh mempertegas, bahwa selain menteri Pertahanan, Prabowo itu adalah Ketua Umum Partai Gerindra. Prabowo mempunyai 78 orang anggota DPR RI, 288 anggota DPRD Provinsi, dan 1.970 anggota DPRD Kabupaten/kota se-Indonesia. 

Keberhasilan ini menurut Saleh, ada di bawah komando dan kepemimpinan Prabowo. Dari aspek ini, tidak ada keraguan atas kapasitas dan kepemimpinan Prabowo. 

"Bandingkan dengan Anies. Masuk partai aja gak berani. Bisanya hanya naiki perahunya partai-partai. Apa itu sebanding dengan Prabowo. Jauh sekali," kata Saleh.

"Semoga masyarakat bisa melihat semua ini secara jernih. Dengan begitu bisa menilai siapa yang berjiwa patriot dan kesatria, dan siapa yang ambisius dan hanya cari-cari peluang," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya