Pendukung Ganjar Acungkan 3 Jari saat Prabowo dan Anies Bicara, KPU Bakal Evaluasi

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari usai rapat teknis pendaftaran capres-cawapres
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyampaikan akan melakukan evaluasi terkait jalannya debat ketiga Pilpres 2024 yang diikuti tiga capres. Salah satu yang jadi perhatian KPU adalah aksi pendukung pasangan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah

Pendukung Ganjar-Mahfud itu mengacungkan tiga jari di area debat semalam. Pendukung Ganjar-Mahfud beberapa kali tertangkap layar kamera mengacungkan tiga jari saat capres nomor 2, Prabowo Subianto dan capres nomor 1, Anies Baswedan mendapatkan kesempatan berbicara dalam debat.

"Ya nanti (kami) minta evaluasi dengan tim paslon," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari kepada wartawan, Senin, 8 Januari 2024.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Prabowo Subanto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Debat Capres

Photo :
  • Istimewa

Hasyim menyebut, pihaknya juga akan melakukan evaluasi dengan masing-masing tim pasangan capres dan cawapres terkait dinamika yang terjadi saat debat ketiga.

Sidang Sengketa Pileg 2024, Hakim MK Tegur KPU Gegara Ajukan Renvoi Tak Tertib

"Nanti kami bahas dengan tim paslon, ya saat evaluasi beberapa hal yang tadi, apa yang terjadi disituasi debat tadi. Apakah di situasi debatnya atau situasi para pendukungnya," kata Hasyim.

Sebelumnya, pendukung Ganjar-Mahfud yang duduk di belakang moderator terlihat selalu mengacungkan tiga jari selama belasan detik saat capres Anies dan Prabowo dapatkan giliran bicara.

Tindakan ini kemudian diprotes oleh pendukung capres Prabowo. Salah satu yang protes dari dua petinggi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka. Baik Grace dan Isyana itu menghampiri moderator saat jeda iklan.

Debat ketiga Pilpres 2024 diikuti tiga capres digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam, 7 Januari 2024.

Tiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo jalani debat yang bertemakan isu pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan politik luar negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya