Penjelasan Kubu Ganjar-Mahfud Soal Salam 3 Jari yang Dikeluhkan Grace Natalie Saat Debat Capres

Andi Widjajanto
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto menjelaskan soal keluhan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, yang menghampiri moderator saat debat capres ketiga berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024 malam. 

KPU Ungkap Telah Pecat 13 Orang PPD Papua Tengah, Ini Alasannya

Diketahui, Grace keberatan menyaksikan para pendukung capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengacungkan salam 3 Jari, saat para peserta debat saling menanggapi. 

"Salam 3 jari sama sekali tidak mengganggu konsentrasi para peserta debat," kata Andi kepada wartawan di TPN Ganjar-Mahfud, kawasan Menteng, Jakarta, Senin, 8 Januari 2024.

Nasdem vs PAN di Sidang Sengketa Pileg, Hakim MK: Dari Pilpres Sudah Berbeda

Ia mengatakan, para pendukung Ganjar yang duduk di bagian belakang, keberadaannya tidak terlihat oleh para peserta debat, yang terdiri atas Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.   

Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kelakar Hakim MK ke KPU: Tetap Semangat, Walaupun MU Kalah 4-0 Lawan Crystal Palace

"Saya berada di belakang arena debat, dan layar kami mati berkali-kali. Jadi, setahu saya dan yang saya dengar, aksi mengacungkan salam 3 jari itu terjadi saat Pak Prabowo menyetujui gagasan Mas Ganjar,” ujar Andi. 

Menurutnya, aksi mengacungkan salam 3 jari dilakukan karena para pendukung merespons positif sikap Prabowo yang menyetujui gagasan Ganjar.

"Pak Prabowo setuju apa yang disampaikan Mas Ganjar. Waktu setuju pertama, kami masih mengangguk-angguk. Setuju kedua kami mulai bertanya, kemudian setuju ketiga kali, terjadilah aksi reaktif ini. Ya gerakan organik pendukung saja, sebetulnya," katanya.

Di sisi lain, Andi mengaku hingga saat ini belum ada komplain atau protes dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kepada TPN Ganjar-Mahfud terkait salam 3 jari. Sebab menurutnya, ruangan moderator adalah ruangan steril, yang hanya bisa diakses pihak KPU. 

"Setahu saya belum, biasanya kalau itu terjadi akan dialihkan ke Deputi Hukum untuk kemudian diselesaikan antara LO kami dan pihak KPU," tuturnya.

Sebagai informasi, Grace Natalie membeberkan alasannya mendatangi moderator pada debat capres ketiga yang digelar KPU RI di Istora Senayan, pada Minggu, 7 Januari 2024.

Alasannya, kata Grace, ada salah satu pendukung yang mengacungkan jari tanda mendukung pasang capres-cawapres tertentu saat paslon lain tengah menjawab pertanyaan. Posisi pendukung itu pun berada tepat di belakang moderator, sehingga terlihat jelas oleh para paslon ketika debat.

"Pendukung salah satu paslon yang pakai jaket hijau syal merah putih mengacungkan tangan mereka tinggi-tinggi berkali-kali di saat ada paslon yang menjawab," kata Grace dikutip dari akun X-nya, Senin, 8 Januari 2024.

Grace kemudian mempertanyakan sikap pendukung itu kepada kedua moderator debat. Dia merasa, sikap tersebut dapat mengganggu konsentrasi paslon saat menjawab pertanyaan dalam debat itu.

"Apakah ini dibolehkan? Mengingat konsentrasi para paslon bisa terganggu. Hal inilah yang saya dan Isyana tanyakan ke moderator saat jeda iklan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya