Gibran Sebut Ambon seperti Solo yang Tak Punya Pertanian sebagai Pemasukan

Calon wakil presiden RI Gibran Rakabuming Raka berdiskusi dengan komunitas dan pegiat UMKM di Red Bricks Café & Resto, Ambon, Maluku, Senin, 8 Januari 2024.
Sumber :
  • ANTARA

Ambon - Calon wakil presiden RI Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa sumber daya manusia (SDM) di Ambon, Maluku, mempunyai potensi dalam membangun bangsa.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

"Ambon ini luar biasa sekali, SDM-nya luar biasa. Ambon mirip Solo. Solo tidak punya pertanian, perikanan; pemasukan dari pajak retribusi khusus saja," kata Gibran saat mengunjungi Red Bricks Café & Resto Ambon dalam keterangan pers, Senin, 8 Januari 2024.

Hal tersebut diungkapkan Gibran saat bertemu dengan anak muda, komunitas kreatif, penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), ekonomi kreatif, serta musisi.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam peresmian Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark (STP) di Solo, Senin, 6 Februari 2023.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Gibran pun mendapatkan banyak gambaran akan potensi besar yang dimiliki warga Ambon saat berdiskusi dalam forum tersebut.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Menurut Gibran, Pemerintah harus memberikan dukungan kepada penggiat UMKM dan seniman musik di Ambon agar dapat menjadi penggerak roda perekonomian.

Dukungan itu, kata dia, bisa diberikan lewat pemberian fasilitas serta pembinaan agar potensi SDM di Ambon bisa dimaksimalkan dengan baik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar dukungan pemerintah bisa maksimal, lanjut dia, adalah menggenjot pembangunan infrastruktur dan SDM di Ambon.

Ilustrasi warga mengikuti pemungutan suara ulang pemilihan umum (pemilu) 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Pembangunan merata pun juga masuk dalam visi dan misi yang akan dijalankan Prabowo-Gibran ketika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden RI.

"Saya kira semua anak muda di sini setuju dengan pemerataan pembangunan, kami pingin tidak cuma di Jawa," kata dia.

Dengan pembangunan infrastruktur di Ambon, Gibran yakin UMKM akan berkembang dan talenta musik yang jadi ciri khas warga Ambon bisa menjadi daya tarik Indonesia di mata dunia.

KPU menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya