Mahfud MD: Politik Identitas di Pemilu 2024 Sudah Berkurang

Menko Polhukam sekaligus cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.
Sumber :
  • Instagram Mahfud MD

Surabaya – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD menegaskan bahwa politik identitas di Pemilu 2024 mulai berkurang. Ia mengingatkan agar ketidakadilan harus diperbaiki dengan tujuan pemilu dapat berjalan jujur dan adil.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Pemilu nampaknya politik identitas sudah mengurang, tapi mungkin unfairness di dalam pertandingan itu masih perlu diperbaiki agar pemilu berjalan jujur dan adil," ujar Mahfud MD dalam acara 'Tabrak Prof Mahfud' di Surabaya, dikutip Kamis, 11 Januari 2024.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI itu menyebutkan, Pemilu 2024 saat ini mengandalkan perdagangan pengaruh atau trading influence

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Menkopolhukam yang juga Cawapres 03 Mahfud MD di kantornya, Rabu (3/1)

Photo :
  • VIVA/Ilham

"Tidak menggunakan kekuatan aparat, tidak melakukan apa yang disebut dalam ilmu korupsi itu ada istilah trading influence humans, memperdagangkan pengaruh. Saya punya ini, saya gerakkan orang itu agar memilih ini. Itu namanya trading influence," ucap dia.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Di sisi lain, Mahfud berharap segala kecurangan pemilu bisa ditekan. Selain itu, Mahfud mengatakan trading influence harus dihapuskan dalam pemilu.

"Mudah-mudahan bisa dikendalikan agar pemilu kali ini meskipun politik identitas tidak ada, tapi trading influence itu harus bersih di pemilu kita," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya