Jelang Debat Cawapres, Mahfud: Gampang, Enggak Usah Pakai Strategi

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Medan - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD mengungkap persiapan menjelang debat cawapres yang akan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024 mendatang. Ia mengaku tak ada persiapan secara khusus dan tak memiliki strategi pada debat nantinya.

Masuk Jadi 7 Kontributor Pajak Terbesar, BUMI Raih Penghargaan Kemenkeu

"Halah gampang ndak usah pakai strategi," kata Mahfud MD kepada wartawan di Medan, Sumatera Utara, Senin, 15 Januari 2024.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md usai menghadiri dialog di kampus Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu 13 Januari 2023.

Photo :
  • VIVA/Supriadi Maud
KPU Sebut Caleg Terpilih Tak Perlu Mundur jika Daftar Pilkada 2024

Di sisi lain, Mahfud juga menegaskan akan siap melakukan debat kedua cawapres mendatang. Ia juga optimis dan yakin akan menjawab segala pertanyaan panelis yang ditujukan kepadanya.

"Enggak pakai persiapan, ditanya apa saja," kata Mahfud MD.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

Sebagai informasi, KPU RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Debat capres pertama diselenggarakan oleh KPU RI pada Jumat, 12 Desember 2023 dengan mengusung tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Kemudian, debat kedua diselenggarakan pada Jumat, 22 Desember 2023 dengan tema Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Para Cawapres saat debat KPU

Photo :
  • Istimewa

Debat ketiga, diselenggaran pada Minggu, 7 Januari 2024 dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Adapun debat keempat diselenggarakan pada Minggu, 21 Januari 2024, dengan tema terkait energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Debat kelima diselenggarakan pada Minggu, 4 Februari 2024 dengan tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya