Survei SPIN: Jika Pilpres 2 Putaran, Anies atau Ganjar Masih Kalah Jauh dari Prabowo

Pasangan capres -cawapres nomor urut 2 di Pilpres 2024, Prabowo-Gibran.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) menyebut jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran, pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diperkirakan akan menang telak melawan rivalnya Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ataupun Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Timnas Amin Bakal Halalbihalal di Rumah Anies Besok, Langsung Dibubarkan?

Hal itu merujuk hasil survei terbaru SPIN terkait ‘Dinamika Elektoral Nasional Peta Politik dan Elektabilitas Capres dan Partai Politik Jelang Pemilu 2024’. Angka selisih antara duet Prabowo-Gibran dengan dua paslon rivalnya itu bisa unggul jauh.

“Bila pemilu berlangsung dua putaran dan yang lolos Prabowo-Gibran vs Ganjar Mahfud, yang akan keluar sebagai pemenang adalah pasangan calon Prabowo-Gibran dengan perolehan suara 78,3 persen, sementara Ganjar-Mahfud 16,7 persen,” kata Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara saat pemaparan secara daring, Senin, 15 Januari 2024.

Sudaryono dan Hendi Bersaing Ketat dalam Survei LKPI untuk Pilgub Jateng

Tiga pasangan capres-cawapres tandatangan deklarasi damai.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Begitu pun menurutnya jika dalam simulasi putaran kedua yang bertarung yakni duet Prabowo-Gibran melawan Anies-Muhaimin. Dia bilang, paslon nomor urut 2 itu tetap menjadi pemenangnya.

Ekonom Sebut Omnibus Law Jadi PR Prabowo-Gibran

“Sementara, Prabowo-Gibran vs Anies-Muhaimin akan dimenangkan oleh Prabowo-Gibran dengan perolehan 80,7 persen, Anies-Imin 13,7 persen,” jelas Igor.

Sebelumnya, Igor menyebut elektabilitas Prabowo-Gibran terus naik melewati 50 persen. Menurut dia, angka tersebut melesat jauh mengungguli dua paslon rival lainnya.
  
"Perolehan suara untuk 02, cenderung meningkat jadi 50,9 persen. Saya bisa bayangkan, kalau tinggal 0,1 persen lagi, jadi 51 persen. Berarti 50+1, bisa satu putaran," kata Igor di Jakarta pada Senin, 15 Januari 2024.

Survei SPIN dilakukan dalam kurun waktu 8 Januari – 14 Januari 2024 dengan menggunakan teknik multistage random sampling yang tersebar secara proporsional pada 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Adapun total sampel yang digunakan pada survei kali ini berjumlah 2.178 responden dengan margin of error (MoE) Level of Confidence kurang lebih 2,1 persen. Lalu. tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya