Survei Terbaru SPIN: Elektabilitas Gerindra Salip PDIP

Prabowo Subianto, Rapimnas Partai Gerindra
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Elektabilitas Partai Gerindra yang dinakhodai capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menyalip posisi PDIP dalam hasil survei teranyar Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN). 

Pengakuan Mengejutkan Johan Budi soal Revisi UU MK Dibahas Diam-diam di Komisi III DPR

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara menjelaskan, alasannya yakni adanya coattail effect dari pencalonan Prabowo sebagai presiden.

“Tampaknya Gerindra menikmati betul coattail effect dari pencalonan Prabowo, sementara PDIP tidak mendapatkannya mengingat perolehan suara dukungan parpol masih sama dengan perolehan suara PDIP 2019 yang lalu,” kata Igor melalui daring, dilihat Senin, 15 Januari 2024.

Gerindra Belum Dapat Informasi Soal Megawati-Prabowo Bakal Bertemu pada 17 Agustus

Prabowo Subianto, Rapimnas Partai Gerindra

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Igor mengatakan, Gerindra berhasil mematahkan dominasi PDIP dalam kurun waktu delapan tahun terakhir. Target PDIP untuk dapat menang Pemilu untuk ketiga kalinya pun diprediksi akan hilang.

Dasco: Revisi UU Kementerian untuk Mengakomodasi Kepentingan Kebutuhan

“Jika pemilihan dilaksanakan hari ini, partai politik mana yang akan Anda pilih? Sebanyak 21,1 persen responden memilih Partai Gerindra sementara PDIP menduduki posisi urutan kedua capai 19,7 persen,” kata Igor.

Igor menilai, jika Gerindra memenangkan Pemilu 2024, itu akan menjadi pencapaian tertinggi Partai Gerindra.

Diketahui, Survei SPIN dilakukan pada periode 8-14 Januari 2024 dengan menggunakan teknik Multistage Random Sampling yang tersebar secara proporsional pada 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Adapun total sampel yang digunakan pada survei kali ini berjumlah 2178 responden dengan Margin of Error (MoE) Level of Confidence kurang lebih 2,1 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya