KPU Bekali LO Paslon Handy Talky pada Debat Keempat, Ini Fungsinya

Komisioner KPU RI August Mellaz.
Sumber :
  • ANTARA/Firman

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan, masing-masing naradamping atau liaison officer (LO) pasangan capres dan cawapres bakal dibekali protofon atau handy talky (HT) saat debat keempat Pilpres 2024 yang rencananya digelar Minggu, 21 Januari 20024.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

"Disepakati alat komunikasi misalnya pakai handy talky, ya. Itu akan kami optimalkan di situ," kata anggota KPU RI August Mellaz dikutip Selasa, 16 Januari 2024.

Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Mellaz menjelaskan, HT itu akan dipegang oleh "super LO" yang memiliki akses penuh, tim KPU RI, hingga media penyelenggara. 

Penggunaan HT tersebut ditujukan untuk memudahkan komunikasi dalam mengawasi jalannya debat.

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

"Nanti yang pegang (handy talky) itu masing-masing tim pasangan calon kan ada dua 'LO' yang kita anggap super 'LO' yang full access, itu yang akan pegang. Jadi, enam dari mereka, kemudian sama tim kita, dan tentu dari media penyelenggara; sehingga nanti secara realtime kalau ada kendala bisa langsung kita antisipasi," kata Mellaz.

Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Mellaz menambahkan, LO akses penuh artinya adalah naradamping pasangan calon yang bisa mengakses seluruh tempat di lokasi debat. Nantinya, LO akses penuh akan ditempatkan di dekat anggota KPU RI agar bisa bersama-sama melakukan observasi dan koordinasi.

"Full access itu maksudnya bisa ke mana-mana, langsung bisa berkomunikasi juga dengan kami (KPU), kecuali berkomunikasi dengan pasangan calon, panelis, dan moderator, itu sama sekali dilarang," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya