Sempat Diretas 2 Jam, Akun Instagram Mahfud MD Kini Sudah Pulih

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Akun Instagram Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD, kembali pulih setelah diretas selama kurang lebih 2 jam.

Protes Meluas di Universitas Spanyol, Mahasiswa Minta Putus Hubungan dengan Israel

Staf Khusus Menkopolhukam, Rizal Mustary, mengatakan akun Instagram Mahfud MD, @mohmahfudmd, telah kembali dikendalilan oleh tim pengelola, sekitar pukul 18.00 WIB. 

"Account secured, sudah kita kendalikan lagi," ujar Rizal melalui pesan singkat, Selasa, 16 Januari 2024.

Terima Ancaman, Badan Bantuan PBB untuk Palestina Tutup Kantornya di Yerusalem Timur

Ilustrasi serangan hacker atau siber.

Photo :
  • Science News

Sebelumnya, Rizal sempat mengumumkan akun Instagram Mahfud MD diretas oleh pihak yang tidak bertanggung-jawab. Menurut dia, situasi ini terjadi sejak Selasa, 16 Januari 2024 pagi dan upaya pemulihan sedang dilakukan. 

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

"Segala post dan direct message dari akun tersebut bukanlah dari Bapak Mahfud MD tapi dari pihak lain di luar pengelola," kata Rizal. 

Sebelumnya, kabar mengejutkan datang dari calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD lantaran akun Instagram pribadinya @mohmahfudmd diduga diretas oleh oknum tak bertanggung jawab. 

Hal itu terlihat dari unggahan Mahfud MD yang tiba-tiba saja mengunggah video yang diduga berisi tentara Israel. Keterangan dalam unggahan tersebut berisikan tulisan dalam bahasa Ibrani yang bermakna soal Tuhan berada di atasnya dan siapa yang bisa mengendalikannya. 

“Tuhan di atasku, siapa yang bisa mengendalikanku?” tulis keterangan dalam unggahan Mahfud MD yang diduga diretas dan telah diterjemahkan VIVA pada Selasa, 16 Januari 2024. 

Instagram Mahfud MD dihack

Photo :
  • Instagram @mohmahfudmd

Dalam video tersebut, terlihat diduga para tentara Israel yang menggunakan seragam mereka sedang menyundul bola. Bola tersebut disundul dari satu orang lain ke orang lainnya. Mereka tampak menyundul bola di depan laut dan pantai. 

Dalam latar belakang di awal video, terlihat lambang Israeli Navy atau Angkatan Laut Israel pada Angkatan Pertahanan Israel yang beroperasi di Laut Tengah, Teluk Aqaba dan Laut Merah. Sehingga kemungkinan besar para tentara tersebut memang benar tentara Israel. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya