Anies Baswedan Percaya ASN, TNI dan Polri Akan Netral di Pemilu 2024

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan usai santap malam bersama JK di rumah makan kayu bangkoa, Makassar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

Makassar -- Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan akan menggelar kampanye terbuka di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Rabu, 17 Januari 2024.  Anies Baswedan telah berada di Makassar dan dijamu khusus oleh Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla, (JK), Selasa, 16 Januari 2024 malam. 

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Dalam kesempatan tersebut, Anies Baswedan kembali menyoroti tentang netralitas aparatur negara, seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri. Menurut Anies, ia masih yakin jika ASN, TNI dan Polri akan netral pada Pemilu 2024. 

"Saya percaya, baik ASN, TNI dan Polri akan netral. Saya percaya, instruksi Presiden, arahan Presiden akan dilaksanakan dan kita semua, rakyat Indonesia, akan menyaksikan itu semua pada 14 Februari nanti, " kata Anies Baswedan usai santap malam bersama JK di rumah makan Kayu Bangkoa, Makassar, Selasa, 16 Februari 2024.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan

Photo :
  • Desak Anies

Anies menambahkan, posisi netral tidak ada ongkosnya. Sebaliknya, intervensi akan mengeluarkan ongkos karena akan melakukan hal-hal ekstra. "Kalau netral, tidak ada yang harus dikerjakan di luar dari yang seharusnya," ujar Anies. 

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Sementara itu, Anies Baswedan mengaku cukup menikmati menu makan malamnya bersama JK. Seperti menu ikan bakar, pallu mara serta sambal khas Makassar. "Enak-enak semua. ikannya, sop pallu mara serta sambalnya,"  ujar Anies. 

Rencananya, Anies Baswedan bersama istri tidak akan menginap di hotel. Anies justru akan menginap di kediaman pribadi JK, di Jalan Haji Bau Nomor 16, Makassar. 

Terkait agenda Anies Baswedan selama di Sulawesi Selatan, capres nomor urut 1 ini akan menghadiri pertemuan ulama di Pesantren DDI, Mangkoso, Kabupaten Barru. Setelah itu, Anies akan hadir di Bone, untuk menghadiri kampanye terbuka di Sulawesi Selatan. 

Kampanye terbuka itu juga akan dihadiri oleh JK. Menurut JK, kampanye terbuka Anies Baswedan di Kabupaten Bone, kebetulan bersamaan dengan kegiatan pertemuan ulama di Barru. Selain itu, persis bersamaan dengan JK yang pulang kampung ke Bone. 

"Saya pulang kampung, bersamaan dengan pertemuan ulama dan saya mengundang Anies untuk hadir. Dan di kampanye nanti di Bone, insya Allah saya hadir," kata JK. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya