Saat Mahfud MD Cecar Gibran soal Kebijakan Impor Jokowi yang Dipertanyakan Prabowo

Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD melontarkan sindiran saat diberi kesempatan di sesi debat untuk bertanya kepada cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka. Mahfud menegaskan tidak akan bertanya terkait singkatan dan hal receh. 

Maju Pilgub Babel Kembali, Erzaldi Rosman Ngaku Didukung Prabowo

Saat itu, Mahfud mempertanyakan komitmen Presiden Joko Widodo yang merupakan ayah dari Gibran terkait impor. Komitmen itu bahkan dipertanyakan oleh Prabowo Subianto pada 2019 lalu.

"Mas Gibran, saya menghormati anda sebagai cawapres. Sehingga saya tidak akan bicara secara menjebak dan receh-receh," kata Mahfud mengawali pertanyaan debat, Minggu malam, 21 Januari 2024. 

Gerindra: Prabowo Sudah Kantongi Nama untuk Pilgub Jakarta 2024

Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • Dok.Istimewa

Ia menjelaskan bahwa pasangan Gibran, calon presiden nomor urut 02, prabowo yang menanyakan langsung terkait kebijakan impor tersebut. Dijelaskannya, Prabowo pada tahun 2019 itu mengungkit kebijakan impor Jokowi selama 4 tahun menjabat.

Eskalasi Konflik Timur Tengah Memuncak, Industri Hulu Migas Jadi Harapan RI

"Saudara (Gibran), pada tanggal 17 Februari 2019 dalam sebuah debat capres, itu pak Prabowo mengatakan bahwa pak Jokowi itu menyatakan tidak akan mengimpor komoditas pangan jika nanti terpilih presiden. Ternyata, kata pak Prabowo nih, 4 tahun memimpin pak Jokowi masih mengimpor dan itu merugikan banyak petani. Nanti dicek ya bahwa itu pertanyaan pak Prabowo ke pak Jokowi saat itu," kata dia. 

Mahfud melanjutkan, impor tersebut bahkan berlangsung hingga saat ini. Impor masih banyak dilakukan pemerintah Indonesia.

"Pak Jokowi bilang tidak akan mengimpor, tapi sampai sekarang kita masih mengimpor banyak. Malah semakin banyak mafianya impor mengimpor bahan pangan itu, nah itulah apa usulan untuk menyelesaikan masalah 5 tahun lalu ini," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya