Momen Gibran Nyari Jawaban Mahfud MD Soal Pertanyaan Greenflation: Gak Ketemu Jawabannya

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Debat cawapres 2024 telah rampung digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta pada Minggu, 21 Januari 2024. Ada momen lucu saat debat cawapres saat sesi tanya jawab.

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah

Saat itu calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka menanyakan kepada cawapres nomor urut 03 Mahfud MD soal bagaimana cara mengatasi greenflation atau inflasi hijau.

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Mahfud MD menjawab greenflation yang dimaksud Gibran sama dengan ekonomi hijau. Ketika selesai menjawab, Gibran celingak-celinguk mencari jawaban Mahfud MD.

“Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud. Saya nyari-nyari di mana ini jawabannya? Kok enggak ketemu jawabannya? Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau,” kata Gibran, Minggu, 21 Januari 2024.

Gibran Bakal Perkuat Regulasi demi Kurangi Dampak Negatif Kekerasan Game Online bagi Anak

Lantas, apa itu greenflation?

Dikutip dari philonomist, Greenflation mengacu pada kenaikan harga bahan mentah dan energi sebagai akibat dari transisi hijau. 

Ungkapan “greenflation” mencerminkan pengertian bahwa kenaikan harga dapat bersifat jangka panjang, seiring dengan upaya negara-negara untuk memenuhi komitmen lingkungannya. 

Meningkatnya pengeluaran untuk teknologi bebas karbon menyebabkan kenaikan harga bahan-bahan yang strategis untuk infrastruktur tersebut.

Sementara itu, intensifikasi peraturan lingkungan hidup yang membatasi investasi pada proyek pertambangan yang berpolusi tinggi juga membatasi pasokan bahan baku, yang juga mengakibatkan kenaikan harga. Oleh karena itu, transisi hijau menjadi lebih mahal karena penerapannya lebih luas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya