Mahfud Sebut Proyek Food Estate Ditanam di Polybag, TKN: Jangan Menyesatkan!

Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengingatkan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD untuk tidak memberikan informasi menyesatkan ke publik soal proyek food estate di Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Dalam cuitannya di akun X, Mahfud menyebut singkong yang ditanam untuk proyek food estate berubah menjadi jagung. Dia juga menyebut jagung-jagung itu ditanam menggunakan polybag bukan di tanah langsung. 

Terkait hal itu, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid meminta Mahfud untuk melakukan pengecekan langsung ke lokasi proyek food estate. Dia kemudian menunjukkan bukti video bahwa penanaman jagung dan singkong dilakukan di tanah.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Saya gak mau mengatakan keliru atau pun salah, atau benar, itu urusannya pak Mahfud, tapi ini video ini baru diambil awal Januari, sehingga ini tanaman kekinian, sehingga ya begitu hasilnya," ujar Nusron dalam konferensi pers di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Senin, 22 Januari 2024.

Komandan Tim Komunikasi TKN Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono (kiri) dan Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid (kanan) dalam konferensi pers di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Senin, 22 Januari 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari
Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Nusron meminta Mahfud datang langsung dan mengecek lokasi proyek food estate, agar dia tidak menyampaikan informasi menyesatkan ke publik. 

"Lebih baik kami menyarankan Pak Mahfud supaya tidak menyesatkan, karena Pak Mahfud orang NU itu harus tabayun dulu, harus didatangi ke sana, melihat dengan video seperti ini, kan begitu," tutur Nusron.

Nusron kemudian mengutip ayat ke-6 Surat Al-Hujarat yang berisi anjuran untuk bertabayun ataupun meneliti sebuah informasi lebih dulu. 

Dia berharap, ke depan Mahfud tak lagi bicara dan menyampaikan informasi menyesatkan ke publik terutama soal proyek food estate.  "Daripada Pak Mahfud sesat, karena mendapat informasi dan masukan yang tidak benar, sebaiknya fa tabayanu itu dicek klarifikasi ke sana, biar nanti tak kirimin videonya ke beliau nanti," tandas Nusron.

Sebelumnya diberitakan, sisa debat keempat Pilpres 2024 semalam yang diikuti tiga cawapres tampaknya masih berlanjut di media sosial. Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD menulis cuitan di akun X pribadinya yang menyindir keras proyek food estate atau lumbung pangan.

Saat debat semalam, Mahfud menyebut program food estate gagal. Dalam cuitannya, dia menyinggung Indonesia hebat seperti kolam susu.

Food Estate (ilustrasi).

Photo :
  • Dok. PUPR

Dia mengibaratkan demikian karena dalam proyek food estate yang ditanam jutaan hektar singkong tapi yang tumbuh malah jagung. Ia menyindir kondisi itu ajaib.

"Indonesia hebat spt Kolam Susu. Lah, menanam jutaan hektar singkong untuk food estate yang tumbuh jagung. Menanam singkong, panen jagung. Ajaib. Itu terjadi di Gunung Mas," tulis Mahfud di akun X pribadinya, dikutip pada Senin, 22 Januari 2024.

Mahfud menyindir jagung dalam proyek food estate ternyata juga ditanam dengan menggunakan polybag.

"Eh ternyata jagungnya pun ditanam dengan goody bag. Sebab di tanah bergambut Gunung Mas tak mungkin tumbuh jagung," tambah Mahfud dalam cuitan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya