Mahfud Ngaku Ingin Mundur dari Menkopolhukam Sejak Debat Pertama

Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD saat acara diskusi
Sumber :
  • ANTARA/Makna Zaezar

Semarang - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD mengaku sudah ingin mundur dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI sejak debat pertama Pilpres 2024.

Jokowi: Tilapia Fish Cultivation Has Huge Global Demand

"Saya merencanakan mengundurkan diri itu sebenarnya sudah lama ketika akan mulai debat pertama," kata Mahfud dalam acara 'Tabrak Prof' di Semarang, Jawa Tengah, dikutip Rabu, 24 Januari 2024.

Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
President Jokowi Ensures to Extend Export Permits for Freeport

Namun, ia mengaku memiliki pertimbangan untuk tak mundur dari posisi Menteri. Mahfud menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat dirinya menjadi Menkopolhukam dengan hormat serta kepercayaan penuh. Sehingga, dia mempertimbangkan soal etika kepada Presiden Jokowi.

"Tetapi, pada waktu itu ada beberapa pertimbangan, pertimbangannya adalah perlu etika saya kepada Pak Jokowi. Saya dulu diangkat oleh beliau dengan sangat terhormat dengan penuh kepercayaan kepada beliau sebagai presiden rakyat dan saya harus mempersiapkan masa transisi baik-baik. Karena saya akan bersama calon presiden lain namanya Pak Ganjar Pranowo" kata dia.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Sebelumnya diberitakan, Mahfud mengatakan bakal mundur pada saat waktu yang tepat, bukan sekarang. Sebelumnya Ganjar juga sudah menyampaikan saran, agar tidak ada konflik kepentingan.

Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Baik, tolong dengarkan baik-baik semuanya. Apa yang disampaikan Pak Ganjar ke publik sore ini adalah kesepakatan saya dengan Pak Ganjar sejak awal. Bahwa, saya pada saatnya yang tepat, nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik," kata Mahfud

Mahfud juga mengatakan, bahwa hubungannya dengan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo baik-baik saja. Mahfud menyebut beberapa alasan dirinya tidak mundur dari Menkopolhukam saat ini, karena peraturan tidak melarang pejabat untuk mencalonkan diri sebagai capres ataupun cawapres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya