Main Bola Bareng Kaesang, Pengamat: Jokowi Ingin Tunjukkan Dia Bagian dari PSI 

Jokowi Beri Arahan ke Kaesang (dok: Instagram Kaesang)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai ingin menunjukkan kedekatannya dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Hal ini terlihat dari beberapa agenda, seperti bermain sepakbola bareng Ketum PSI Kaesang Pangarep di Sleman, Yogyakarta.

Pakar Ragukan Ide Presidential Club Prabowo: Ada Tembok Tebal yang Susah Diterabas

Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas mengatakan, kehadiran Kaesang di PSI sudah menjadi bukti kehadiran Jokowi di PSI.

“Sangat wajar kalau Jokowi ingin menunjukkan dirinya memang dekat dengan PSI atau bahkan merupakan bagian partai,” kata Fernando dalam keterangannya, Senin, 29 Januari 2024.

Evaluasi Mudik Lebaran 2024, Jokowi Minta Sistem Bayar Tol Tanpa Tapping

Presiden Jokowi main bola bareng anak-anak Gamplong.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi.

Dia mengungkapkan, beberapa relawan yang setia pada Jokowi juga sudah merapat ke PSI. Nyatanya, ada 190 organisasi relawan Jokowi mendeklarasikan dukungan kepada PSI dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi Ungkap Ketakutan Negara Dunia Saat Ini, Wamenkeu Bicara Dampaknya ke RI

“Terbukti belakangan ini beberapa Relawan Jokowi deklarasi mendukung PSI,” ujarnya.

Fernando menambahkan, Jokowi kemungkinan akan mengkampanyekan PSI sebagai partai yang dekat dengan dirinya. 

“Jokowi akan membantu Kaesang meloloskan PSI ke Senayan dengan menunjukkan bahwa ia merupakan bahagian dari partai nomor urut 15 tersebut,” tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo, terlihat sedang memberikan arahan kepada putra bungsunya yang juga Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. Seperti seorang pelatih sepakbola yang memberi arahan ke para pemainnya.

Presiden Jokowi dengan menggunakan kaos lengan panjang hijau, terlihat serius memberi arahan kepada Kaesang yang menggunakan baju bola dengan nomor punggung 15. Begitu juga dengan Sekjen PSI Raja Juli Antoni, yang menggunakan nomor punggung yang sama, 15.

Jokowi Beri Arahan ke Kaesang (dok: Instagram Kaesang)

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Nomor itu adalah nomor urut PSI di Pemilu 2024 ini. Kebetulan, Kaesang dan Raja Juli ikut bersama Jokowi bermain bola bersama di Sleman Yogyakarta. 

"Pelatih memberikan arahan," tulis Kaesang dikutip dari Instagramnya @kaesangp Sabtu, 17 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya