Kaesang Klaim Elektabilitas PSI Urutan Ketiga di NTT

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep berfoto bersama istri Erina Gudono saat Kampanye Akbar PSI di Kupang, NTT, Rabu, 31 Januari 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Aditya Ramadhan

Kupang - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep menyebutkan PSI urutan ketiga di Provinsi Nusa Tenggara Timur berdasarkan hasil survei terbaru.

Sang Istri Diduga Selingkuh dengan Pastor, Suami: Dia dan Romo Tidur dalam Satu Selimut

"Saya juga mau berterima kasih, barusan saya dapat survei kalau PSI ternyata sudah nomor tiga di NTT sini. Terima kasih semuanya yang sudah selalu mendukung PSI," kata Kaesang saat Kampanye Akbar PSI di Lapangan Lasitarda Lasiana, Kupang, NTT, Rabu.

Di hadapan masyarakat NTT, Kaesang juga menyampaikan terima kasih karena telah mendukung Presiden RI Joko Widodo yang merupakan ayahanda dari Ketum PSI tersebut selama dua periode.

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

Dua siswa Sekolah Menengah Atas memperhatikan gambar partai politik peserta pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Bandung, beberapa waktu lalu (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Pada Pemilu 2014 dan 2019, Jokowi memang selalu menang di Provinsi NTT. Bahkan, Jokowi juga sempat mendapat suara 100 persen.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

"Saya juga sebelumnya mau mengucapkan terima kasih kepada warga NTT yang selalu mendukung Pak Presiden selama dua periode ini," kata Kaesang.

Pada kampanye akbar tersebut, Kaesang mengajak masyarakat NTT untuk mencoblos Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ia meminta warga untuk mencoblos kakaknya, Gibran, pada tanggal 14 Februari.

Anggota KPPS mengecek surat suara saat sesi penghitungan suara Pemilu serentak 2019. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

"Kalau bisa nanti ketika nyoblos (mencoblos, red.) nomor 2, Pak Prabowo-nya jangan dicoblos ya. Saya minta tolong ini loh kakak saya yang nyebelin ini tolong mukanya dicoblos ya," kata Kaesang.

Pada kesempatan itu, dia juga memperkenalkan calon anggota legislatif (caleg) dari PSI untuk daerah pemilihan (dapil) di Provinsi NTT.

Putra bungsu Presiden itu juga meminta masyarakat untuk memilih PSI pada pemilu, 14 Februari mendatang.

Saat mengawali kampanyenya, Kaesang mengajak masyarakat bersama-sama mendoakan penduduk di sekitar Gunung Lewotobi yang terdampak erupsi. Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores NTT erupsi kembali pada hari Minggu (27/1) setelah sebulan belakangan mulai meletus.

Pada kegiatan kampanye akbar di Pontianak, Kalimantan Barat, Kaesang turut didampingi oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dan anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka.

Kaesang sebelumnya telah menjalani kampanye akbar di Pontianak, Selasa (30/1). Selanjutnya Kaesang akan menjalani rangkaian kampanye di Manado (Sulawesi Utara) dan Malang (Jawa Timur) hingga Kamis (1/2).

KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Setelah masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari. Selang sehari, 14 Februari 2024, pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, bersamaan dengan Pilpres 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya